4 Faktor yang Membuat Israel Mengkhawatirkan Perkembangan Yaman

0
528

Sanaa,LiputanIslam.com-Abdel Bari Atwan dalam tulisannya menyatakan, Hari Quds Internasional tahun ini berbeda bagi Israel. Redaktur Rai al-Youm ini menilai, sangat beralasan jika Rezim Zionis mengikuti perkembangan di Yaman dengan penuh kekhawatiran.

Atwan lalu menyebut hal-hal yang memicu kekhawatiran Tel Aviv terkait Yaman:

Pertama, tak seperti para pemimpin lainnya di Barat, Pemimpin Yaman memiliki akidah Islam yang kuat. Dia juga mempunyai kemampuan tinggi dalam mengambil keputusan untuk perang, terutama jika perang ini untuk menghadapi Rezim Zionis. Bukan itu saja, tulis Atwan, Pemimpin Yaman pun sangat cakap dalam mengelola perang mana pun dan memobilisasi jutaan orang untuk bertempur.

Kedua, setelah jet-jet Koalisi Saudi menghancurkan proyek infrastruktur Yaman, dan selain itu, 20 juta warga Yaman sanggup bertahan menghadapi agresi selama lebih dari 6 tahun, Pemimpin Yaman tidak lagi takut kepada apa pun. Pengeboman melalui udara pun tidak bisa lagi membuat takut rakyat Yaman.

Ketiga, Pemerintah Sanaa memiliki gudang senjata besar, yang terdiri dari rudal-rudal balistik pintar dan drone. Yaman juga punya kemampuan untuk menggunakannya. Telah terbukti bagaimana rudal dan drone Yaman mampu menjangkau Riyadh, Jeddah, dan tulang punggung industri minyak Saudi di Baqiq, Dhahran, Yanbu, Khamis Mushait, Jizan, dan fasilitas minyak Aramco.

Keempat, proyek pembuatan kanal, pipa minyak, atau rel kereta api, terutama kanal Eilat-Ashdod, untuk menghindari Terusan Suez dan Selat Bab al-Mandeb bisa saja mandek, jika diasumsikan bahwa Ansharullah akan menguasai jalur maritim perdagangan di laut-laut Kawasan. Bahkan, andai kata proyek ini bisa dijalankan, Israel masih tidak bisa aman dari gempuran Yaman. Sebab, pihak yang bisa menembakkan rudal hingga Yanbu, pasti bisa meluncurkan rudalnya hingga Eilat dan Teluk Aqaba.

Di akhir tulisannya, Atwan menyatakan bahwa di tengah merosotnya kemampuan Iron Dome mencegat rudal-rudal yang menyasar Rezim Zionis, bisa saja dalam waktu dekat kita akan menyaksikan rudal-rudal Yaman menghujani titik-titik di Israel. (af/fars)

Baca Juga:

Nasrallah: Masuknya Gaza dalam Perimbangan Quds Perkembangan Penting

Hari Quds, Pemimpin Ansarullah: Bangsa Yaman  Ingin Andil Besar dalam Pembebasan Palestina

DISKUSI: