Selama PSBB, Gubernur Anies Jabarkan 10 Sektor Masih Operasi

0
216

Sumber: Kompas

LiputanIslam.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjabarkan sebanyak 10 sektor badan usaha, layanan publik, dan instansi masih tetap beroperasi seperti biasa di masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai berlaku pada Jumat (10/4) dini hari.

Anies dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa seluruh warga Jakarta wajib menaati peraturan PSBB yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020.

“Perlu digarisbawahi pertama terkait dengan pembatasan aktivitas bekerja di tempat kerja diatur di pasal 9, bahwa selama pemberlakuan PSBB maka dilakukan penggantian sementara aktivitas kantor, aktivitas di tempat kerja. Dan penghentian ini wajib diikuti dengan kegiatan bekerja di rumah atau di tempat tinggal,” kata Anies.

10 Sektor tersebut adalah yang bergerak di bidang kesehatan, kedua sektor bahan pangan makanan dan minuman, ketiga bidang energi, keempat sektor komunikasi dan teknologi, kelima sektor keuangan; perbankan; dan pasar modal.

Selanjutnya keenam bidang logistik, ketujuh bidang konstruksi, kedelapan industri strategis, kesembilan pelayanan dan utilitas publik serta industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional atau objek tertenu, dan kesepuluh adalah sektor swasta yang melayani kebutuhan sehari-hari.

Provinsi DKI Jakarta merupakan kota pertama di Indonesia yang menerapkan pemberlakukaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk penanganan virus corona (COVID-19).

Baca juga: Batal Nikah di Luar Kantor KUA, Biaya Bisa Dikembalikan

Anies memotivasi seluruh masyarakat Jakarta dan warga dari luar jakarta sebagai masyarakat tangguh dan ulet.

“Yang berada di Jakarta, orang-orang tangguh yang berani, kalau tidak berani menghadapi tantangan tidak datang untuk mengadu nasib di kota ini,” ujar Anies.

Dengan ketangguhan itu, Anies menaruh kepercayaan bahwa seluruh warga Jakarta akan bisa melewati masa tantangan saat ini.

Wabah COVID-19 telah menyebar di 33 provinsi se-Indonesia. Dengan penerapan PSBB saat ini, Anies berharap masyarakat Jakarta dapat menunjukkan kedisiplinan dan komitmen untuk melewati 14 hari ke depan mulai 10-23 April 2020. (Ay/Antara)

DISKUSI: