Hadirkan Atmosfer Pertandingan, PBSI Gelar Turnamen Bagi Atlet Pelatnas

0
72

Sumber: pikiran-rakyat.com

Jakarta, Liputanislam.com– Guna memenuhi kerinduan masyarakat Indonesia akan pertandingan bulutangkis, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) bersama Mola TV menggelar turnamen bagi atlet-atlet Pelatnas. Turnamen yang bersifat internal tersebut dinamakan PBSI Home Tournament.

Rencananya turnamen PBSI tersebut akan digelar selama satu bulan di Cipayung, Jakarta Timur pada 24 Juni-24 Juli 2020. Setiap pertandingannya juga akan disiarkan oleh Mola TV. Pertandingan akan dilangsungkan dua sesi setiap harinya. Sesi pertama dimulai pada pagi hari pukul 08.30 WIB. Sedangkan sesi sore akan berlangsung pada pukul 15.00. WIB.

Turnamen memakai sistem setengah kompetisi, seluruh pemain akan saling bertemu. Setiap pasangan atau pemain yang memenangi pertandingan mendapatkan dua angka, kalah dalam rubber gim mendapatkan satu poin, dan poin nol jika kalah dua set langsung.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat PBSI, Achmad Budiharto mengatakan bahwa turnamen ini merupakan inisiatif pihaknya untuk menjaga permaian para atlet. “Atlet sudah menjalani latihan cukup panjang, mulai dari latihan untuk jaga kondisi dan feel bermain, hingga latihan intensif mulai awal Juni untuk pengkondisian persiapan menuju turnamen,” ucapnya.

“Tapi melihat perkembangan yang ada, sejumlah turnamen batal. Turnamen yang sudah dijadwalkan pun masih belum ada kepastian, sedangkan para pelatih melihat anak-anak sudah haus bertanding,” tambahnya.

Budi mengaku, inspirasi turnamen awalnya datang dari tim ganda putra, lalu sektor lain pun berkeinginan timnya untuk bertanding di Home Tournament, maka dibuatlah Home Tournament untuk semua sektor. “Maka kami berinisiatif untuk memberi wadah kompetisi bagi atlet dan kebetulan ada sponsor juga,” terangnya.

Baca: Tembus Olimpiade, Pebulutangkis Jonatan Christie Akui Berlatih Sejak Usia 6 Tahun

Hadiah yang disiapkan juga bisa dikatakan lumayan, yakni senilai total Rp 100 juta disiapkan. Pemenang akan mendapat hadiah Rp 50 juta, runner-up Rp 25 juta, dan selebihnya akan diberikan kepada peringkat ketiga sampai keenam. (ar/detik/kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS: