Hadapi Efek Covid-19, Ketua MPR Ajak Masyarakat Optimis

0
74

Sumber Detik

LiputanIslam.com — Untuk menghadapi meluasnya wabah COVID-19 termasuk pelemahan ekonomi، Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga dan memperkuat optimisme.

“Untuk menjaga dan memperkuat optimisme itu, semua pihak untuk tidak mendramatisir fakta atau indikator yang menggambarkan proses melemahnya perekonomian nasional. Proses pelemahan ekonomi akibat wabah COVID-19 sudah diprediksi,” kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (22/3).

Politisi Partai Golkar itu menilai tidak hanya masyarakat Indonesia, komunitas global pun tahu dan sedang merasakan ragam kerusakan akibat wabah COVID-19.

“Orang awam sekalipun tahu bahwa pembatasan mobilitas warga yang terus dieskalasi, apalagi sampai pada tahapan ‘lockdown’ sebuah kota atau negara akan menimbulkan kerusakan di sana sini, termasuk di sektor ekonomi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada saat seperti ini, setiap komunitas dihadapkan pada pilihan yang tidak mudah dan kerja keras membatasi penyebarluasan wabah COVID-19 otomatis menuntut pengorbanan dari sektor lain, termasuk sektor ekonomi dan semua sub-sektornya.

Baca juga: Tanggulangi Covid-19, Puan Setuju Realokasi Anggaran

Menurut dia, saat ini banyak negara termasuk Indonesia, tidak hanya sekadar menerapkan pembatasan tetapi juga harus mengeluarkan anggaran ekstra untuk melindungi semua warga negara dari kemungkinan tertular COVID-19.

Pada saat yang sama, menurut dia, semua kepala pemerintahan bersama jajaran menteri ekonomi juga bekerja ekstra keras agar kinerja perekonomian negara tidak lumpuh.

Langkah itu menurut dia untuk memacu pertumbuhan ekonomi, mencegah kerusakan di sejumlah sektor pun menjadi pekerjaan tidak mudah. (Ay/Antara)

DISKUSI: