Guru Besar UGM Sebut Belum Ada Riset Disinfektan Biasa Ampuh Bunuh COVID-19

0
379

LiputanIslam.com — Guru Besar Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dra Wega Trisunaryanti MS PhD Eng mengatakan belum ada riset yang mengatakan bahwa disinfektan biasa yang disemprotkan pada lingkungan sekitar ampuh dalam membunuh virus corona jenis baru atau COVID-19. Namun disinfektan biasa ampuh dalam membunuh bakteri baik maupun bakteri jahat. Dengan catatan, disinfektan yang digunakan yang mengandung alkohol 70 persen.

“Selama ini belum ada riset yang mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan biasa bisa membunuh COVID-19. Untuk itu butuh riset yang seksama juga untuk memastikan virus ini mati atau tidak,” ujar Wega saat dihubungi dari Jakarta, Minggu (29/3).

Bakteri dan virus memiliki perbedaan ukuran, yang ukuran bakteri jauh lebih besar dan dapat dilihat dengan mikroskop cahaya. Sedangkan virus biasanya ukurannya lebih kecil dan membutuhkan mikroskop elektron untuk melihatnya.

Berdasarkan jurnal internasional, COVID-19 bisa mati dengan campuran alkohol sekitar 80 persen, 1,33 persen hidrogen peroksida, dan air. Itu kandungan yang terdapat pada disinfektan atau penyanitasi tangan sesuai standar BPOM dan WHO.

Sementara, Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Chandra Risdian mengatakan banyak produk rumah tangga umum yang mengandung konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi.

Baca juga: Pakar: Penyemprotan Disinfektan Berbahaya Bagi Kulit

Berikut adalah bahan-bahan aktif yang dapat digunakan untuk membuat larutan desinfektan sendiri:

1. Accelerated hydrogen peroxide 0,5 persen

2. Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride 0,05 persen

3. Chloroxylenol 0,12 persen

4. Ethyl alcohol atau ethanol 62-71 persen

5. Iodine in iodophor 50 ppm

6. Isopropanol atau 2 propanol 50 persen

7. Pine oil 0,23 persen

8. Povidone-iodine 1 persen

9. Sodium hypochlorite 0,05-0,5 persen

10. Sodium chlorite 0,23 persen

(Ay/Antara/Tirto)

DISKUSI: