Daripada Mudik, MUI Imbau Masyarakat Prioritaskan Keselamatan Jiwa

0
119

Sumber: Lampung Post

LiputanIslam.com — Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Muslim Indonesia untuk memrioritaskan terlebih dahulu keselamatan nyawa dan masyarakat ketimbang mudik ke kampung halaman.

“Di sini penting bagi kita semua memiliki kesadaran kolektif untuk memrioritaskan keselamatan jiwa, baik diri kita maupun orang lain ketimbang aktivitas-aktivitas lain yang bukan prioritas. Saya kira itu kuncinya,” kata  Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3).

Menurutnya, perlindungan jiwa harus diutamakan dan juga didahulukan daripada memperoleh upaya untuk kesempurnaan ibadah.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan pemerintah sedang menyiapkan suatu kebijakan terkait dengan larangan mudik sementara untuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Baca juga: Tri Rismaharini Sarankan Warganya Berjemur Minimal 15 Menit Pagi dan Sore

Ia mengingatkan bahwa di dalam hukum ada klausul bahwa dalil keselamatan rakyatlah yang menjadi hukum tertinggi.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat pun meminta warga Jawa Barat yang berada di DKI Jakarta mematuhi imbauan Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk tidak mudik selama pandemi corona/covid-19. Menurut Sekretaris Umum MUI Jawa Barat Rafani Afyar, imbauan gubernur tersebut sangat penting dipatuhi oleh warga Jawa Barat karena pemerintah saat ini tengah melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19. (Ay/Antara/Republika)

DISKUSI: