Berikut 7 RS Rujukan Suspect Corona di Jakarta

0
116

Sumber: Merdeka

LiputanIslam.com — Selain RSPI Sulianti Saroso terdapat tujuh rumah sakit lain di Jakarta yang bisa menjadi rujukan untuk kasus suspect (terduga) Covid-19, kata juru bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

Rumah sakit rujukan itu adalah RSPI Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, RSPAD Gatot Soebroto, RS Polri, RS Mintohardjo, RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, dan RSUD Tangerang.

RSPI Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, dan RSUP Persahabatan merupakan rujukan nasional karena memiliki standar kemampuan alat dan sarana prasarana yang maksimal.

Tidak hanya itu, ketiga rumah sakit itu mampu juga membantu rumah sakit yang ada dibawahnya atau observasi di tempat lain tanpa mengurangi kapasitas layanan di masing-masing rumah sakit tersebut.

“Bukan berarti semua pasien harus dibawa ke Jakarta. Beberapa daerah memiliki kemampuan maksimal tapi tidak mungkin dikeluarkan (untuk membantu) karena kalau dikeluarkan rumah sakitnya berhenti,” terang Jubir.

Baca juga: Polsek Jakbar Ungkap Timbunan Masker di Tanjung Duren

Selain RS, Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian drh. NLP Indi Damayanti menyatakan bahwa Indonesia mempunyai kemampuan untuk melakukan pengujian laboratorium di Indonesia terkait Covid-2019

Beberapa alasannya, ujarnya di Bogor, Selasa, di antaranya adalah Indonesia mempunyai laboratorium berkeamanan tinggi (Biosafety Level 3), dan mempunyai lembaga-lembaga riset yang memiliki laboratorium dengan menggunakan advance biotechnology.

Selain itu, masih banyak laboratorium memiliki fasilitas yang sangat memadai bahkan sangat baik dalam melakukan pengujian penyakit emerging baik itu pada hewan maupun manusia atau penyakit zoonosis lainnya. (Ay/Antara/Merdeka)

DISKUSI: