Rouhani Hadiri KTT Kuala Lumpur, Kenapa Raja Salman Merajuk?

0
220

KualaLumpur,LiputanIslam.com-Saat ini ibu kota Malaysia menjadi tuan rumah KTT negara-negara Islam. KTT ini bertujuan membahas beberapa isu penting Dunia Islam.

Sejumlah pemimpin negara-negara Islam, seperti Iran, Turki, dan Qatar hadir dalam KTT ini. Namun, di lain pihak, Raja Saudi tidak bersedia menghadiri pertemuan tersebut. Perdana Menteri Pakistan juga membatalkan kunjungannya di saat-saat terakhir.

Banyak pihak meyakini, keputusan Imran Khan untuk tidak menghadiri KTT Kuala Lumpur berkaitan erat dengan lawatannya ke Saudi; lawatan yang akhirnya membuahkan bantuan dana sebesar 5 milyar dolar untuk Pakistan.

Dengan keberadaan Recep Tayyip Erdogan (presiden Turki), Tamim bin Hamad (emir Qatar), dan Hassan Rouhani (presiden Iran) di KTT, tak sedikit orang yang berpendapat, Raja Salman enggan hadir karena khawatir akan dikucilkan di pertemuan tersebut.

Pada saat yang sama, ketidakhadiran Raja Salman menunjukkan bahwa meski Saudi berupaya membangun citra sebagai “pemimpin Dunia Islam,” namun pada praktiknya Riyadh tidak yakin dengan klaimnya tersebut.

Dengan kian dekatnya penyelenggaraan “Forum 20” di Saudi, tampaknya Raja Salman memilih untuk absen dari tiap pertemuan tingkat internasional yang mengancam wibawa kerajaan Saudi.

Absennya Raja Salman di KTT Kuala Lumpur juga menunjukkan, klaim-klaim terbaru perihal pulihnya hubungan Saudi-Qatar terlihat hanya sebuah sandiwara demi mengamankan kepentingan kedua belah pihak. Jangan lupa bahwa Emir Qatar juga absen dalam pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di Riyadh beberapa waktu lalu. (af/alalam)

Baca Juga:

Adakan KTT Forum Negara-Negara Islam, Malaysia Ditegur Raja Saudi

Hendak Mengikuti KTT Kuala Lumpur, Rouhani Nyatakan Embargo AS Sia-Sia

 

DISKUSI: