Korporasi Sekuriti AS, Kelenjar Kanker di Irak

0
233

Baghdad,LiputanIslam.com-Moqtada Sadr dalam pidatonya di demo besar anti-AS, Jumat (24/1), menuntut penutupan korporasi-korporasi sekuriti AS dan pelarangan aktivitas mereka di Irak.

Pidato Sadr mencakup sejumlah poin penting, seperti penutupan semua pangkalan militer AS di Irak, larangan terbang bagi pesawat tempur dan spionase AS di angkasa Irak, dan pembatalan semua kesepakatan keamanan, sebab semua ini menimbulkan banyak bencana untuk Irak dan kawasan.

Namun yang akan dianalisis di sini adalah tuntutan Sadr untuk menutup semua korporasi sekuriti AS dan sebab-sebab tuntutan tersebut, sebagai salah satu permintaan terpenting rakyat Irak.

Dengan menyinggung poin ini, Sadr telah mengambil langkah cerdas. Perkembangan dalam beberapa tahun terakhir, terutama bulan-bulan lalu, mengungkap peran destruktif korporasi-korporasi sekuriti AS di Irak. Korporasi-korporasi ini menyelundupkan para penyusup di antara pengunjuk rasa, sehingga menyimpangkan unjuk rasa dari jalur damainya.

Korporasi-korporasi ini juga mempekerjakan sindikat-sindikat Baath, yang sebelum ini bersembunyi karena takut pembalasan rakyat Irak. Unsur-unsur Baath ini digunakan untuk mendiskreditkan pemuka agama, norma Islam, syiar-syiar Husaini, dan menyerang makam suci, fasilitas umum, dan konsulat-konsulat. Aksi mereka menimbulkan keresahan dan kerusuhan di tengah penduduk provinsi tengah dan selatan Irak.

Korporasi-korporasi ini juga berusaha melahirkan generasi Baath, yang tidak peduli sakralitas apa pun serta menginjak-injak semua garis merah keagamaan dan kemasyarakatan.

Korporasi-korporasi ini juga berada di balik terbunuhnya para pengunjuk rasa dan aparat keamanan Irak. Klip video dan foto-foto menunjukkan bagaimana para penyusup membunuhi pengunjuk rasa dengan kamera-kamera berpeluru.

Korporasi-korporasi AS ini juga memicu pertikaian sektarian dan ras, dengan menghina al-Hashd al-Shaabi dan memperkeruh hubungan Irak dengan negara-negara tetangganya.

Dengan dalil-dalil di atas, juga dalil-dalil lainnya, Sadr sukses mengidentifikasi bahaya kelenjar kanker dalam wujud korporasi sekuriti AS ini, sebab bahaya korporasi ini tak lebih sedikit dari bahaya pangkalan militer AS dan pelanggaran wilayah udara oleh jet-jet AS. (af/alalam)

Baca Juga:

1 dari 4 Warga AS Minta Trump Diadili atas Pembunuhan Soleimani

Sadr: Rakyat Irak Telah Membuat Musuh Marah

DISKUSI: