Sadr: Rakyat Irak Telah Membuat Musuh Marah

0
175

Baghdad,LiputanIslam.com-Pemimpin kelompok Sadr melalui akun Twitter-nya mengapresiasi partisipasi rakyat Irak dalam demo besar anti-AS, Jumat (24/1).

“Kalian, bangsa Irak, telah menggembirakan hati kita, memuliakan kita, mewujudkan harapan kita, dan membuat musuh-musuh kita marah. Semoga Allah mencatat amal saleh bagi kalian, serta mengaruniakan pahala untuk kalian dan Irak,”cuit Moqtada Sadr.

Sadr lalu mengutarakan kekecewaannya serta mencela pihak-pihak yang meragukan demo besar tersebut. “Awalnya saya menyangka mereka ini, setelah Allah, adalah pendukung rakyat, saya, dan Irak. Saya akan mengadukan mereka dan para pengikut mereka, yang merupakan penulis upahan, kepada Tuhan,”kata Sadr.

Terkait proses pembentukan pemerintah Irak, Sadr mengatakan,”Saya menyatakan marah dan berlepas diri dari tiap tokoh politik yang menunda-nunda dibentuknya pemerintahan kuat, mandiri, nasionalis, bersih, dan kompeten yang akan menjauhkan para penjajah dan intervensi asing.”

Demo besar anti-AS di Irak juga diapresiasi oleh Hizbullah Lebanon. Dalam statemennya, Hizbullah menyatakan, demo ini bukti bahwa rakyat Irak tidak pernah bersedia negeri mereka dijajah.

“Massa yang diberkati dan setia ini menegaskan persatuan nasional Irak, serta menyatakan perlawanan terhadap pendudukan AS dan ambisi-ambisinya. Sikap berani yang ditunjukkan Baghdad hari ini kepada dunia adalah interpretasi benar atas kemarahan umat Arab dan Islam terhadap AS yang menjarah kekayaan mereka,”demikian dinyatakan Hizbullah dalam statemennya. (af/alalam)

Baca Juga:

Baghdad Dilanda Unjuk Rasa Akbar Anti-AS, Para Ulama Turut Bersuara

Makar Baru AS: Membentuk Negara Sunni Demi Amankan Tentara di Irak

DISKUSI: