Bisakah UU Caesar Menebus Kegagalan AS di Suriah?

0
245

Damaskus,LiputanIslam.com-UU Caesar yang bertujuan menjatuhkan sanksi berat atas Suriah akan diaktifkan mulai hari ini, Rabu 17 Juni 2020.

Berdasarkan UU Caesar, semua sektor keuangan, ekonomi, dan perbankan Suriah akan tercakup oleh sanksi AS. Washington berharap, kondisi ekonomi Suriah akan terkunci mulai hari ini.

Namun, kenaikan nilai tukar lira Suriah di hadapan dolar AS dalam beberapa hari terakhir menunjukkan, Suriah sukses melewati dampak psikologis dari sanksi ini.

UU Caesar menjadikan proyek rekonstruksi Suriah sebagai target utamanya. Pada hakikatnya, dengan memberlakukan UU ini, AS secara resmi mengakui kekalahannya dalam perang selama 9 tahun di Suriah.

Melalui UU Caesar, AS berniat membalas dendam kepada rakyat Suriah yang tetap loyal kepada pemerintah mereka, juga demi memicu kerusuhan akibat krisis penghidupan di negara tesebut. Washington berencana menggoyahkan fondasi Pemerintah Suriah dengan cara ini.

Pengaturan waktu dalam pemberlakuan UU Caesar juga patut diperhatikan. 90 hari setelah diaktifkannya UU ini, Kemenkeu AS akan terjun dan memberikan laporan“dugaan pencucian uang”di Bank Pusat Suriah. Setelah itu, AS akan menembakkan peluru terakhirnya ke Bank Pusat negara tersebut.

Meski sudah jelas bahwa Bank Pusat Suriah akan dituduh melakukan pencucian uang, yang perlu dicermati adalah tenggat waktu 90 hari akan berakhir saat puncak kampanye pilpres Donald Trump. Artinya, dengan cara ini Trump berusaha memanfaatkan kebijakan luar negeri ini demi keuntungan kampanyenya.

Berdasarkan UU Caesar, semua individu, kelompok, atau negara yang mendukung Suriah tak akan aman dari ‘amarah’AS. Namun, efektivitas UU ini untuk mewujudkan harapan Trump layak diragukan. Salah satu alasannya adalah, UU ini sangat mirip dengan sanksi-sanksi AS atas Iran, dan telah terbukti bahwa sanksi Washington itu gagal membuat Teheran tunduk. (af/alalam)

Baca Juga:

Nasrallah: Kalah Perang di Suriah, AS Jadikan “UU Caesar” Senjata Pamungkas

Mantan Presiden Lebanon: Suriah akan Keluar dari Ujian “Hukum Caesar” dengan Kepala Tegak

DISKUSI: