LiputanIslam.com — Perayaan kemenangan di Gaza pada Selasa, 2 September 2014,  yang digelar oleh para pejuang Front Rakyat Pembebasan Palestina (PFLP) kemarin, menciptakan kegalauan pada kaum Takfiri. Bagaimana tidak, ribuan rakyat Gaza ikut merayakannya sambil membawa bendera Suriah, Iran, Hizbullah dan poster-poster Sayyid Hasan Nasrallah. (Baca juga: Pawai Kemenangan di Gaza, Bendera Iran, Suriah dan Hizbullah Berkibar)

Tak ayal, situs-situs Takfiri pun kebakaran jenggot. Iran, Hizbullah dan Suriah dibawah kepemimpinan Assad yang dituduh ‘Syiah’ dan membantai umat Muslimin, malah disanjung oleh rakyat Palestina di Jalur Gaza. Sementara itu, tak ada satupun dari rakyat Gaza yang terlihat mengibarkan bendera ISIS, Al-Nusra, FSA, Saudi, Qatar, Turki, ataupun Mesir.

Lalu, dibuatlah penyesatan informasi, yang bertujuan untuk mengaburkan antara berita dan fakta. Caranya, dengan menyebutkan bahwa foto para pejuang Gaza yang memegang poster Sayyid Hasan Nasrallah adalah foto lama. Dan untuk membuktikannya, mereka memberikan sebuah foto lain, yang baru diambil di tempat yang sama dengan pawai tersebut.

Klik Untuk memperbesar

Klik Untuk memperbesar

Benarkah, jika pawai tersebut adalah foto lama? Perhatikan foto berikut (di kiri):

Foto bagian atas adalah foto yang diklaim situs-situs tersebut (Arrahmah, Muslimdaily, Kiblatnet) sebagai foto terbaru Perempatan Saraya Gaza yang diambil oleh Abdillah Onim (jurnalis Indonesia di Gaza) pada 5 September 2014. Disitu terlihat ada 2 buah pohon besar di pinggir jalan tersebut. Sementara foto yang bawah, foto pawai pejuang Gaza yang membawa poster Sayyid Hasan Nasrullah juga berada di jalan yang sama, hanya saja tidak terlihat adanya 2 pohon besar disana.

Dengan modal foto itu, mereka menyimpulkan bahwa foto SHN itu adalah foto lama disaat 2 pohon besar tersebut belum tumbuh. Tapi benarkah memang demikian adanya?

Jawab:

Memang secara sepintas, sepertinya seakan-akan memang ada perbedaan dari kedua tempat itu. Tapi jika dicermati secara lebih jeli, maka sesungguhnya kedua foto itu tidak berbeda sama sekali.  Objek-objek dalam foto dilingkari dengan warna-warna berbeda, agar bisa dicocokkan, silahkan zoom untuk memperbesar. Foto atas adalah jepretan Abdullah Onim, foto bawah adalah foto yang tersebar di media masa.

1. Lingkaran merah tua = kubah Masjid Saraya (foto atas-bawah sama persis)

2. Lingkaran biru tua = banner toko berwarna kuning yang bertuliskan berbagai merk seperti iPhone, Hyundai, Samsung dll (foto atas-bawah sama persis)

3. Lingkaran ungu = banner toko yang bertuliskan “Magik Man” berwarna coklat dengan tulisan bawah putih dan dibawahnya ada pola seperti buku terbuka berwarna kuning (foto atas-bawah: sama persis)

Klik untuk memperbesar

Klik untuk memperbesar

4. Lingkaran merah = pohon kecil yang terletak di depan Toko “Magik Man” tersebut dan tepat berada di kanan oko yang bannernya berwarna kuning (foto atas-bawah: sama persis)

5. Lingkaran putih = kaca/etalase dari toko yang bertuliskan “Magik Man” tersebut. (foto atas-bawah sama persis)

6. Lingkaran biru = pintu toko berwarna coklat muda (Foto atas-bawah: sama persis)

Dan pada foto bawah, poster SHN yang dibawa oleh pejuang Palestina berada di titik lingkaran biru. Sementara foto atas, letak 2 buah pohon besar berada setelah pintu berwarna coklat muda tersebut atau setelah titik lingkaran biru, sehingga lokasi kedua pohon tersebut tidak akan terlihat. Sehingga bisa disimpulkan, kedua pohon itu tidak terlihat karena kedua foto itu diambil dari sudut pandang yang berbeda.

Cara kedua untuk membuktikan bahwa foto pawai tersbut bukanlah foto lama, adalah dengan menggunakan google image. Dengan memasukkan foto yang kita kehendaki di google image, maka foto yang serupa akan bermunculan pada http://images.google.com/imghp. Terbukti, semua foto yang di atas baru ada sejak tanggal 2 September 2014. Padahal, jika memang benar foto itu adalah foto lama, tentunya akan ditemukan jejak foto tersebut.  (Disalin dari artikel Berita Harian Suriah)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL