Propaganda BBC atas GAza

Propaganda BBC atas GAza

LiputanIslam.com — Ketika ribuan rakyat Palestina telah gugur, dan ribuan lainnya luka-luka dalam operasi militer Israel di Jalur Gaza, BBC, media terkemuka yang memiliki basis di seluruh dunia, heboh memberitakan seorang wanita dan anaknya yang syok, atas jatuhnya roket-roket yang dilesakkan oleh pejuang Palestina. Dalam foto ini, tampak beberapa orang pria berusaha menenangkan ibu dan anaknya.

Tentu, tidak ada yang salah dengan foto tersebut. Hanya saja, yang hal  patut dipertanyakan adalah, “Apa tujuan BBC mengekspolitasi berlebihan terhadap kondisi ibu-anak yang hanya syok?”

Sementara di pihak Palestina, kita senantiasa disuguhi pemandangan yang luar biasa mengerikan. Anak-anak yang gugur berlumuran darah, rumah-rumah yang hancur lebur, sekolah-sekolah dan rumah sakit yang juga luluh lantak.

Jika kita mengamati bagaimana media-media Israel memberikan predikat untuk kelompok perlawanan Hamas, Jihad Islam, ataupun Hizbullah, maka, media-media Israel dan BBC akan terlihat bersinergi dan memiliki tujuan yang sama: buat propaganda untuk menyudutkan kelompok perlawanan.

Media Israel, senantiasa menyebut Hamas dkk, sebagai teroris. Lalu, BBC mengekspoitasi ketakutan seorang ibu-anak akibat roket-roket dari Gaza. Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan adalah: Palestina adalah teroris yang tak berhati, dan terus menerus meneror penduduk Israel. Sedangkan serangan Israel di Jalur Gaza, diartikan sebagai bentuk perlindungan kepada warganya.

Apa yang bisa kita lakukan, selaku rakyat sipil, guna melawan Israel?

Sejak tahun 2005, gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) telah meminta masyarakat internasional untuk menekan Israel dari sektor ekonomi sebagai bentuk perlawanan masyarakat sipil terhadap pendudukan,  kolonialisme, dan apartheid Rezim Zionis Israel.

Artinya, diperlukan perubahan pola gaya hidup, untuk konsumen yang biasa menggunakan produk-produk tersebut. BDS telah merekomendasikan setidaknya sepuluh produk, yang wajib diboikot karena memiliki keterlibatan dalam pendanaan guna menjamin eksistensi Israel. Tentu saja, masih banyak lagi produk barang ataupun jasa lainnya yang juga menggunakan tekhnologi Israel, termasuk iPhone, iPads, MacBook, Skype, firewall komputer, dan Microsoft XP.

Pampers1. Procter & Gamble (P&G)

Perusahan ini memproduksi Pampers, yaitu produk popok bayi siap pakai, dan merupakan klien dari perusahaan Israel, Avgol Nonwoven Industries. Menurut kelompok riset pro-boikot Who Profits, P & G menyumbang hampir setengah dari penjualan Avgol Nonwoven Industries. Dan dana itu, digunakan untuk  menjalankan sebuah pabrik di kompleks industri Barkan, yang terletak di dekat pemukiman di Tepi Barat.

2. Victoria Secret

Perusahaan lingerie yang populer ini adalah salah satu klien terbesar dari Delta Galil, yaitu sebuah perusahaan yang mengoperasikan pabrik tekstil di zona industri Barkan, Tepi Barat, serta toko-toko di pemukiman Maale Adumim. Rakyat Palestina telah melakukan protes terhadap Delta Galil,  yang mendirikan kantornya, dengan merampas  tanah mereka di Galilea.

3. Volvo

Pendukung BDS telah mengkritik Volvo Grup di Swedia, karena telah membantu menyuplai  peralatan yang digunakan untuk membuldoser rumah-rumah rakyat Palestina. Perusahaan ini juga memiliki 27 persen saham di Merkavim, yaitu, perushaan yang bus-busnya biasa digunakan untuk mengangkut tahanan-tahanan Palestina dari dan ke penjara-penjara Israel.

Intel4. Intel

Al-Awda, salah satu faksi yang memperjuangkan kembalinya hak-hak Palestina, telah meminta Intel untuk menutup pabrik di Kiryat Gat, yaitu sebuah kota yang dulunya merupakan yang dihuni oleh penduduk Palestina.

Sejarawan Israel Benny Morris, menuliskan bahwa selama tahun  1948-1949,  terjadi  Perang Kemerdekaan (perang negara-negara Arab vs Israel) dengan kekalahan di pihak Arab – membawa dampak buruk bagi Palestina. Israel semakin meluaskan wilayahnya, dan warga-warga di desa tersebut diusir.

Sayangnya, prosesor ini  dapat ditemukan dalam 80 persen komputer di dunia. Menurut laporan, Intel telah  menginvestasikan $ 2.700.000.000 untuk meng-upgrade pabriknya di Kiryat Gat. Intel tengah bekerja membuat chip baru yang akan membuat komputer lebih ringan dan lebih cepat. Dengan demikian,  total investasi Intel kepada Israel kini telah mencapai  sekitar $ 10 miliar, dan pihaknya juga menikmati keuntungan dari lebih dari $ 1 miliar dalam bentuk hibah oleh pemerintah Israel.

5. Hummus

Kampanye BDS yang berbasis di  Philadelphia, menyedot perhatian dengan mengkritik pembuat hummus Israel, Tribe and Sabra, dengan menyanyikan lagu Lady Gaga, “No Justice, No (Chick) Peas.”

Mereka mengkritik induk perusahaan Sabra, Strauss’s Company, yang telah memberikan dukungannya kepada militer Israel. Dan pemilik Tribe, merupakan pendukung dari Jewish National Fund (JNF) . Mereka menggusur penduduk Bedouin untuk membangun berbagai proyek.

Motorla 6. Motorola

Perusahaan raksasa Motorola, telah ditargetkan oleh pendukung BDS untuk diboikot, atas keterlibatannya menyediakan alat-alat pengintai yang digunakan di sekitar permukiman Israel. Pengintai ini dipasang di sepanjang tembok pemisah Israel-Palestina, dan sepanjang perbatasan Israel-Gaza. Selain itu, perusahaan ini juga menandatangani kontrak $ 100 juta dengan Israel pada bulan Januari 2014, dengan menyediakan smartphone pengaman informasi, yang diperuntukkan bagi  tentara dan personel keamanan Israel.

7. Hewlett-Packard

Hewlett-Packard, pembuat komputer dan printer lebih dikenal sebagai HP, juga terlibat dalam pengadaan tekhnologi biometrik di pos pemeriksaan Israel. HP juga berperan dalam pembuatan kartu identitas Israel. Tidak hanya itu, HP saat ini menggunakan layanan provider, yang berbasis di pemukiman Israel.

8. Ahava

MC dPerusahaan kosmetik Israel, yang namanya berarti “cinta,” juga menjadi target dari pendukung BDS. Produk Ahava mengunakan mineral dari Laut Mati, yang berbatasan wilayah pendudukan Israel. Dan pabrik kosmetik ini terletak di pemukiman Israel di Tepi Barat. Saat ini, Ahava diekspor ke 45 negara.

9. Mc Donals

Mengapa Mc Donals juga menjadi target BDS? Karena, perusahaan ini merupakan mitra dari Jewish United Fund, yaitu perusahaan pendanaan Yahudi yang berbasis di Amerika Serikat. Mc Donals juga mempromosikan kepada khalayak untuk berkunjung ke Kiryat Gat, sebuah kota Israel. Sebelumnya, wilayah itu merupakan pemukiman rakyat Palestina. Dan malangnya, mereka semua diusir dan kampung mereka dimusnahkan.

10. Soda Stream

Soda Stream merupakan perusahaan Israel, yang pabriknya terletak  di kawasan industri terhubung dengan permukiman Israel di  Maale Adumim.

Scarlett Johansson, yang menjadi bintang iklan Soda Stream, diminta oleh penduduk Palestina dan aktivis Internasional untuk berhenti mempromosikan Soda Stream. Perusahaan ini secara langsung telah mendukung pendudukan ilegal Israel dan kolonisasi tanah Palestina. (ba)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL