jokowi kampanyeJakarta, LiputanIslam.com – Kubu capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menuduh capres Joko Widodo alias Jokowi melakukan pelanggaran kampanye dengan menggunakan fasilitas umum untuk berkampanye. Karena itu, Tim Advokasi Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melaporkan Jokowi kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Selasa (24/6/2014).

“Kami melaporkan pelanggaran kampanye dengan menggunakan fasilitas negara yang dilakukan oleh kubu Jokowi-JK, yang dipimpin oleh Jokowi sendiri,” kata Juru Bicara Tim Advokasi Prabowo -Hatta, Habiburokhman, di Bawaslu, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir Kompas.

Habib menjelaskan bahwa sesuai SK Gubernur DKI Jakarta No 1389/07.17 tanggal 18 Juli 2008 tentang Lokasi Larangan Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Keputusan KPU DKI No 39 Tahun 2013, fasilitas umum seperti Tugu Monumen Nasional dan Bundaran HI merupakan tempat steril dan terlarang bagi kampanye, namun ternyata digunakan Jokowi untuk berkampanye.

Habib mengaku heran mengapa Jokowi yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta tidak mengetahui peraturan itu. Padahal, jangankan rapat akbar, pemasangan spanduk saja tidak boleh di tempat-tempat yang sudah dinyatakan steril tersebut.
“Jokowi kan gubernur, walaupun nonaktif, yang seharusnya paham peraturan yang mengikat di daerahnya sendiri. Bagaimana mungkin gubernur tidak paham SK Gubernur?” kata Habib.

Menurut Habib, KPUD DKI Jakarta sudah memberikan respon keras terhadap kampanye Jokowi itu. Habib juga mengaku datang ke Bawaslu bukan untuk mengincar kesalahan Jokowi, melainkan sekedar mengingatkan capres nomor urut 2 tersebut.
Habib menegaskan, “Harus sama-sama mematuhi peraturan perundang-undangan. Wujud kesantunan di pemilu ini adalah dalam mematuhi aturan main, mulai yang kecil-kecil hingga yang serius.”

Pengaduan tim Prabowo-Hatta ini terkait tindakan Jokowi melepas ribuan peserta Gerak Jalan Revolusi Mental di kawasan Monas, Jakarta, Ahad (22/6/2014). Gerak jalan santai yang digelar Koalisi Rakyat Indonesia Hebat bersama Tim Pemenangan Jokowi-JK ini menempuh rute Plaza Tenggara Monas, Sarinah, Bundaran HI, dan kembali ke Monas.(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL