Jokowi dan IbuPalembang, LiputanIslam.com – Diterpa kabar terlibat dengan PKI, Jokowi tegas membantah. Apa kata Jokowi?

“Keluarga saya sudah jelas, bapak saya haji, ibu saya hajah, kakek saya lurah dari Karanganyar. Ibu saya dari Boyolali,” katanya di tepi Sungai Musi, Palembang, Rabu, 25 Juni 2014 seperti diberitakan Kompas.

Jokowi mengatakan isu bahwa dirinya terlibat PKI sudah sangat menjengkelkan. Menurut dia, kampanye hitam ini sangat menghina nasionalismenya.

“Ini sebenarnya sebuah penghinaan, menghina nasionalisme saya. Saya sudah mau marah-marah, tapi marah dengan siapa. Kalau ketemu, nggak tahu mau saya apakan,” katanya.

Dalam dua pekan terakhir, saat berkampanye Jokowi selalu mengklarifikasi berbagai kampanye hitam yang terus menyerangnya. Jokowi mengatakan kampanye hitam, khususnya di Pulau Jawa sempat menggerus elektabilitasnya.

Pada kampanyenya di Palembang hari ini, ia mengajak kader-kadernya untuk bekerja keras dalam dua pekan terakhir. Jokowi mengatakan kadernya harus fokus melakukan dua hal, menepis isu dan mengajak mencoblos pada 9 Juli.

Isu Jokowi yang keluarganya terafiliasi dengan PKI tersebar di media sosial. Berawal dari akun Twitter @Ronin1946 atau “reinkarnasi” dari akun @triomacan2000 yang mengklaim sudah melakukan investigasi di Solo, Karanganyar, dan Boyolali, kampung halaman Jokowi.

Akun tersebut menuliskan, ayah kandung Jokowi diduga tidak bernama Noto Mihardjo, melainkan Widjiatno. Info tersebut diperolehnya dari keterangan saksi, tetangga, warga sekitar RT 03/RW 14 Tirtoyoso Manahan Surakarta.

Menurut akun tersebut, berdasarkan kesaksian tetangga Widjiatno di Kragan, Wijono, ayah Jokowi (Widjiatno) sewaktu muda aktif dalam organisasi terafiliasi PKI. Akun tersebut menyebut, hal itulah yang menjadi motif kepindahan Widjiatno ke Giriroto, Ngemplak Boyolali. Aktivitasnya di PKI diduga menyebabkan Widjiatno menjalin kasih dengan Sudjiatmi yang diduga aktivis organisasi wanita PKI, Gerwani. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL