Sumber: kemenag.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Kementerian Agama (Kemenag) membuka peluang kepada masyarakat yang ingin menjadi anggota Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) periode 2020-2025. Wakil Ketua Tim Seleksi Calon Anggota BAZNAS Janedjri M. Gafar menjelaskan bahwa pendaftaran dibuka mulai 6 hingga 19 Desember 2019.

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, keanggotaan BAZNAS terdiri atas 11 orang anggota. “Delapan orang dari unsur masyarakat, bisa dari kalangan ulama, tenaga professional dan tokoh masyarakat Islam, serta tiga orang dari unsur pemerintah yang ditunjuk dari Kementerian/Instansi yang berkaitan dengan pengelolaan zakat,” ucapnya di Jakarta pada Selasa (3/12).

Janedjri menyatakan bahwa pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk turut berperan mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia, dengan terlibat langsung melalui pengelolaan zakat di tanah air.

“Salah satu tugas dan fungsi BAZNAS adalah merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, melaporkan, dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat,” ungkapnya.

Baca: PBNU Minta Pemerintah Berpihak Pada Masyarakat Desa

Sebagai Ketua Tim Seleksi Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, dan Janedjri sendiri menjadi Wakil Ketua. Sementara anggotanya yaitu Oman Fathurahman, Tarmizi, Tambrin, Teguh Widjinarko, Masduki Baidhowi, Ahmad Ishomuddin, dan Dadang Kahmad.(aw/setkab/kontan).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*