Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS kembali menjadikan Uni Eropa (UE) sebagai sasaran perang verbalnya. Kali ini Donald Trump menyebut para anggota UE lebih buruk dari Tiongkok.

“Dalam masalah perdagangan, UE lebih buruk dari Tiongkok. Kalian tahu, kebanyakan dari kita berasal dari UE. Para leluhur kita datang dari Eropa. Tapi UE ini dibuat untuk mengalahkan AS dari sisi ekonomi, sementara kita masih melindungi mereka melalui NATO,”ujar Trump seperti dilansir Sputnik.

Trump mengeluhkan UE yang enggan membayar ‘biaya perlindungan’ yang ditentukan Washington untuk mereka. Dia mengklaim, dibandingkan para pendahulunya, dirinya telah memaksa UE untuk membayar biaya sebesar 100 milyar dolar.

“Kita menjaga mereka, tapi mereka justru merampok kita,”keluhnya.

Baca: Pemerintah AS Akan Cabut Bantuan Pangan bagi 3 Juta Warganya

Trump secara khusus mengkritik Jerman yang hanya tidak membayar anggaran pertahanan secara penuh. Dia bahkan menuding negara itu sebagai “pengingkar janji terbesar.”

“Berlin tidak mau membayar anggaran. Seharusnya mereka membayar 2 persen, tapi hanya mau memberi 1 persen saja,”kata Trump.

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) juga tak luput dari kecaman Trump. Dia menuduh lembaga itu dibuat untuk menguntungkan Tiongkok dan merugikan AS. Sebelum ini, menyusul pengaduan yang dilayangkan Beijing, WTO mengizinkan Tiongkok untuk memberlakukan sejumlah sanksi atas AS.

Baru-baru ini UE mengumumkan program untuk menghadapi kemungkinan tarif yang diberlakukan AS atas mobil-mobil produksi Eropa. Di lain pihak, Tiongkok dan AS sudah lama terlibat dalam perang dagang. Keduanya saling balas memberlakukan tarif tinggi atas produk-produk rivalnya. (af/yjc)

Baca Juga:

Cina Tuding AS Berada di Balik Kerusuhan Hong Kong

Jaringan CIA di Iran Terungkap, 17 Agen telah Diamankan

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*