Foto: Potret bendera Iran bersanding dengan simbol kementerian intelijen Iran.

Tehran,LiputanIslam.com—Kementerian Intelijen Iran mengumumkan kabar mengejutkan terkait jaringan Badan Intelijen Pusat AS (CIA) di Iran yang berhasil terungkap. Kabarnya, 17 agen spionase yang bekerja untuk CIA telah teridentifikasi dan diamankan.

Direktur Departemen Kontra-spionase Kementerian Intelijen Iran mengatakan pada Senin (22/7), para agen spionase CIA itu telah disisipkan dengan cara bekerja di beberapa perusahaan swasta yang berhubungan dengan beberapa sektor terkait ekonomi, nuklir, infrastruktur, militer, serta dunia maya.

Direktur itu menerangkan bahwa masing-masing agen tidak terhubung satu sama lain dan mereka ditugaskan oleh pejabat CIA yang berbeda.

Sebelumnya, para agen telah dibekali kemampuan khusus dan peralatan teknis yang rumit untuk mengumpulkan informasi rahasia.

Direktur itu mengklaim bahwa aktivitas CIA di Iran ada hubungannya dengan badan intelijen dari beberapa negara Asia dan Eropa.

17 agen yang tertangkap telah diserangkan ke pengadilan. Sebagian telah dijatuhi hukuman mati dan sebagian lainnya divonis hukuman penjara. (fd/Tasnim)

Baca: CIA, MKO, Saudi, dan Barzani Berada Dibalik Kerusuhan di Iran

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*