Oslo, LiputanIslam.com –   Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang sedang berada di Oslo, ibu kota Norwegia, Kamis (22/8/2019), memastikan Iran tidak akan pernah memulai perang di Teluk Persia, tapi selalu siap untuk membela diri.

Dalam pidatonya di Norwegian Institute of International Affairs dia mengatakan, “Apakah akan ada perang di Teluk Persia? Apa yang dapat saya pastikan ialah bahwa Iran tidak akan pernah memulai perang, tapi kami siap membela diri.”

Sehari sebelumnya, dalam pidato di Stockholm International Peace Research Institute Zarif mengingatkan Washington bahwa Teheran juga akan melakukan tindakan “tak terduga” jika Washington di bawah pimpinan Presiden Donald Trump melakukan tindakan tak terduga.

Baca: Rouhani: Jangan Harap Jalur Perairan akan Aman Jika Ekspor Minyak Iran Dihadang

“Ketidak mampuan untuk menduga satu sama lain dapat menjurus kepada kekacauan,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Negara-negara Teluk Persia tak dapat menjamin stabilitas di kawasan melalui belanja senjata Barat senilai miliaran Dolar. Eksistensi militer asing di kawasan, seberapapun besarnya, tak dapat mencegah musnahnya keamanan di sana.”

Baca: Ayatullah Khamenei: Musuh Mengerahkan Segenap Kemampuannya, Tapi Gagal Menghadang Iran

Sejak awal pekan ini Zarif memulai safarinya ke sejumlah negara Eropa, yaitu Skandinavia,Finlandia, Swedia, dan terakhir Norwegia. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*