Damaskus, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah terlibat kontak senjata sengit dengan tentara Turki di daerah Tal al-Ward di pinggiran kota Ras al-Ain, provinsi Hasakah, hingga terjadi pula gelombang pengungsian penduduk setempat dalam jumlah besar, seperti dilaporkan kantor berita resmi Suriah, SANA, Rabu (30/10/2019).

Tentara Turki menguasai distrik Mahmoudiya dan Darbu di kota itu, sementara warga yang mengungsi akibat serangan tentara Turki berasal dari kawasan pinggiran Tal Tamr.

Selanjutnya, tentara Turki dan kelompok-kelompok bersenjata Suriah yang pro-Turki menguasai pula desa-desa Aziziya, Raihana, Kharba Qaraj, Faisaliya, dan Abush di pinggiran Ras al-Ain dan Tal Tamr.

Milisi Kurdi Suriah yang tergabung dalam Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) membuang sejumlah besar minyak dalam sebuah galian lalu membakarnya di pinggiran  utara Tal Tamr untuk menutup pemandangan dari pantauan dan serangan jet-jet tempur Turki.

Baca: Turki Sebut Militan Kurdi Belum Hengkang dari Perbatasan Suriah

SANA menambahkan bahwa di pihak lain tentara Suriah merebut empat desa di pinggiran tenggara Ras al-Ain dan bergerak sejarak 3 kilometer ke arah perbatasan Suriah-Turki.

Sebelumnya, tentara Turki yang didukung beberapa kelompok bersenjata di Ras al-Ain melancarkan serangan sengit di pinggiran Ras al-Ain, terutama daerah Abu Rasin.

Baca: Rusia dan Iran Kecam Rencana Trump Kuasai Ladang Minyak Suriah

Beberapa sumber menyebutkan bahwa tentara Suriah memasuk sisi selatan Abi Rasin dan bergerak maju ke utara menuju perbatasan Suriah-Turki.

Tidak disebutkan apakah telah jatuh korban jiwa dan atau luka dalam kontak senjata antara kedua belah pihak. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*