Brussel, LiputanIslam.com –   Sudah lima hari berlalu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim bahwa kapal perusak USS Boxer milik AS telah menjatuhkan drone pengintai milik Iran, tapi masih tak kunjung menyodorkan dokumentasi dan barang bukti.

Menurut catatan media online Rai al-Youm, Senin (22/7/2019), hal tersebut menandakan bahwa klaim itu tidak akurat, dan yang mengemuka justru bagaimana drone Iran berhasil mengambil gambar kapal perang raksasa itu tanpa terpantau oleh sistem pertahanan udara AS.

Baca: “Kedahsyatan Militer Iran akan Mengejutkan Musuhnya”

Menurut media berbahasa Arab yang berbasis di London ini, media AS semisal New York Times dan Washington Post serta majalah semisal News Week telah menuding Trump berbohong dan melontarkan “pernyataan-pernyataan gila”, namun tak seorangpun menduga sebelumnya bahwa dia telah membuat pernyataan hoax separah itu karena bersangkutan langsung dengan wibawa militer AS.

Uniknya, lanjut Rai al-Youm, Pentagon memilih bungkam, tak menunjukkan data-data dan rekaman video mengenai adanya operasi pencegatan dan penjatuhan drone Iran seperti diklaim Trump itu, padahal seandainya peristiwa itu terjadi maka Pentagon setidaknya dapat menunjukkan serpihan drone itu.

Isu yang mengemuka sekarang justru tanggapan Iran berupa perilisan video hasil rekaman drone itu, yang memperlihatkan USS Boxer di perairan Teluk Persia.

Baca:  Jaringan CIA di Iran Terungkap, 17 Agen telah Diamankan

Ray al-Youm menyebutkan bahwa para pakar militer AS kini dihadapkan pada misteri bagaimana Iran berhasil membuat nirawak yang dapat berkelit dari sistem radar AS dan tampak leluasa mengambil gambar kapal-kapal perang AS, termasuk destroyer USS Boxer.

Celakanya lagi, ini bukan pertama kalinya, melainkan sudah pernah terjadi sejak beberapa tahun silam di mana Pentagon hanya merilis statemen, sedangkan Iran merilis rekaman video.

“Tak syak lagi, kebingungan dalam arti yang sesungguhnya kini membayangi para petinggi Pentagon, yang tentu menyadari bahwa jika suatu drone pengintai berhasil berkelit dari radar AS maka ia juga mampu membawa rudal dan menyerang kapal-kapal militer AS,” tulis Rai al-Youm.

Pada paragraf terakhir artikelnya tentang ini, Rai al-Youm menyebutkan, “Dalam jangka waktu satu bulan, Pentagon dikejutkan oleh kemampuan militer Iran. Sistem pertahanan Iran berhasil menembak jatuh drone supercanggih Global Hawk, melacak pesawat P-8 Poseidon yang sangat tersembunyi, dan sekarang melayang di atas kapal perusak USS Boxer tanpa terpantau oleh sistem pertahanan kapal itu. Dan ini berarti bahwa pertahanan udara Iran dapat menyerang kapal-kapal perang jika dirasa perlu.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*