Sanaa, LiputanIslam.com –   Juru bicara militer Yaman yang bersekutu dengan kelompok pejuang Ansarullah (Khouthi), Brigjen Yahya Sarie, menyatakan bahwa sejumlah komandan pasukan koalisi Arab tewas terkena serangan masif di provinsi Marib di bagian timur laut Yaman.

Di halaman Facebook-nya, Kamis (4/7/2019), Sarie menyatakan bahwa pasukan drone dan pasukan rudal kelompoknya telah melancarkan operasi serangan gabungan ke posisi-posisi militer lawannya di provinsi Marib setelah dilakukan operasi intelijen secara cermat dan pemantauan langsung atas pergerakan militer lawan.

Baca: WSJ: Takut Balasan Iran-AS, UEA Tarik Pasukannya dari Yaman

“Pesawat-pesawat nirawak telah menggempur sistem Patriot milik pasukan agresor di Marib, dan serangan ini tepat mengena sasaran sehingga sistem itu tak bisa dipakai,” tulisnya.

Dia menambahkan, “Pasukan rudal telah menggempur konsentrasi besar pasukan agresor dan bayaran dengan rudal Badr B-1 dan mengena sasaran dengan presisi tinggi. Sumber-sumber kami memastikan tewasnya beberapa komandan musuh dan terlukanya puluhan lainnya dengan berbagai kondisi.”

Yahya Sarie menegaskan bahwa serangan ini merupakan “balasan atas kejahatan agresor dan pasukan bayarannya serta blokade mereka yang berkelanjutan atas bangsa Yaman yang besar.”

Baca: Pasukan Yaman Tembak Jatuh Drone Pasukan Koalisi Arab

Dia juga berjanji bahwa serangan demikian akan terus dilancarkan, sembari menegaskan, “Tak ada tempat yang aman bagi agresor di manapun mereka berada, dengan izin Allah SWT.”

Seperti diketahui, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab melancarkan invasi militer ke Yaman sejak 26 Maret 2015 dengan dalih memulihkan pemerintahan Mansour Hadi dan menumpas kelompok Ansarullah yang menguasai Sanaa, ibu kota Yaman.

Serangan ini menyebabkan ratusan ribu orang mengungsi, tersebarnya wabah penyakit dan kelaparan di sebagian kawasan, dan kehancuran banyak fasilitas infrastruktur Yaman. Menurut catatan berbagai lembaga internasional, serangan itu juga menjatuhkan ratusan ribu korban tewas dan luka serta memburuknya kondisi kemanusiaan. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*