Teheran, LiputanIslam.com –   Presiden Iran Hassan Rouhani bersumbar bahwa agresi militer terhadap Iran akan memicu apa yang disebutnya sebagai “induk segala perang”.

“Perdamaian dengan Iran adalah dasar segala perdamaian, dan perang dengan Iran adalah induk segala peperangan, “tegasnya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan langsung oleh saluran televisi resmi Iran, Selasa (6/8/2019).

Mengenai ajakan dialog AS, Rouhani yang sedang berkunjung ke Kementerian Luar Negeri Iran itu mengatakan, “Republik Islam Iran mendukung perundingan dan negosiasi, dan jika AS memang menghendaki dialog maka sebelum segala sesuatunya haruslah mencabut semua sanksi…. Semua sanksi harus dicabut agar tak ada para penjahat di depan kami.”

Baca: Iran Pamerkan Tiga Jenis Bom Pintar dan Canggih Baru Buatannya

Dia menyebut AS melakukan “teror ekonomi” karena menghalangi masuknya bahan pangan dan obat-obatan ke Iran, dan karena itu dia juga mendesak Washington agar meminta maaf kepada bangsa Iran.

Presiden berserban putih ini mengingatkan AS, “Jika kalian ingin aman dan keberadaan kalian aman di kawasan maka (ketahuilah) bahwa keamanan dibalas keamanan. Kalian tak dapat mengacaukan keamanan kami lalu berharap kalian sendiri aman.”

Baca: IRGC Ancam AS Jika Berani Targetkan Iran

Dia melanjutkan, “Perdamaianpun dibalas perdamaian, minyak dibalas minyak. Kalian tak dapat mengatakan bahwa kalian akan mencegah ekspor minyak kami. Selat dibalas selat. Tidak bisa Selat Hormuz terbuka untuk kalian lalu Selat Gibraltar tertutup bagi kami.” (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*