Teheran, LiputanIslam.com –   Angkatan Bersenjata Iran memamerkan tiga bom pintar canggih baru berpresisi tinggi buatan dalam negeri.

Masing-masing bom itu bernama “Balaban”, “Yasin”, dan generasi baru rudal “Ghaem”, yang dipamerkan pada sebuah seremoni bersama Menteri Pertahanan Iran Brigjen Amir Hatami, Selasa (6/8/2019).

Pada kesempatan itu Hatami menyebutkan bahwa “Balaban” memiliki sayap lipat yang dirancang untuk meningkatkan jangkauannya, dipandu GPS dan sensor, dan dapat dipasang di bawah pesawat.

Sedangkan “Yasin” merupakan bom pintar jarak jauh yang dipandu dan dapat ditembakkan ke sasaran dari pesawat tak berawak (drone) maupun pesawat berawak dari jarak 50 kilometer.

Baca: Militer Iran Nyatakan Tak Ada Negara Yang Dapat Mengalahkannya Dalam Perang Darat

Adapun “Ghaem” juga merupakan rudal untuk serangan berpresisi dan dapat menghantam sasaran dalam radius 50 sentimeter.

Jenis ini, lanjutnya, dilengkapi dengan pencari yang terlihat, termal dan silinder yang berbeda serta dapat dipasang pada berbagai drone, helikopter dan jet tempur untuk memusnahkan target.

Hatami menambahkan bahwa pencapaian terbaru di bidang pertahanan ini merupakan manifestasi lain dari kekuatan Iran.

“Ini menunjukkan bahwa Kementerian Pertahanan tidak akan pernah ragu mempertahankan Republik Islam dan meningkatkan keamanan, terlepas dari kejahatan dan konspirasi Setan Besar, Amerika,” ujarnya.

Baca: Dikenai Sanksi, Iran Malah Siap Menjadi Pemasok Suku Cadang Pesawat Terbang

Iran belakangan ini melakukan berbagai terobosan besar di sektor pertahanannya dan mencapai swasembada produksi peralatan dan perangkat keras militer meskipun dikenai sanksi dan tekanan ekonomi Barat.

Negeri mullah ini menegaskan bahwa kekuatan militernya semata-mata untuk tujuan pertahanan dan tidak menimbulkan ancaman bagi negara lain. (mm/pressttv/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*