Quds, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim bahwa Iran memiliki sebuah situs pengembangan senjata nuklir yang tidak diungkap sebelumnya dan kemudian ia hancurkan sendiri.

“Situs itu ada di dekat kota Abadeh, Iran, dan Iran menghancurkannya pada Juli lalu setelah mengetahui Israel mengungkapnya… Orang-orang Iran membersihkan gudang nuklir di Teheran sebelum kedatangan pemeriksa dari PBB,” ujar Netanyahu dalam jumpa pers, Senin (9/9/2019), sembari memperlihat beberapa gambar yang diklaimnya sebagai situs-situs nuklir yang ditemukan oleh Israel dan kemudian disembunyikan oleh Iran setelah terungkap.

Dia menambahkan bahwa Iran menyebut pabrik Turkizabad sebagai pabrik sejadah tapi tim pemeriksa itu menemukan adanya bekas-bekas uranium di sana.

Baca: ‘Netanyahu Desak AS Kobarkan Perang Melawan Iran’

Menurutnya, Iran juga memiliki situs pengembangan nuklir di daerah Abad di selatan kota Isfahan, tapi juga ia hancurkan sendiri setelah mengetahui situs itu terungkap.

Netanyahu menuding Iran melanggar Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT), dan Israel akan terus “mengungkap kebohongan-kebohongan Iran” dan berusaha mencegahnya dari memiliki senjata nuklir.

Di hari yang sama, Iran menepis klaim Netanyahu itu dan menyebutnya sedang mencari-cari dalih agar Iran diperangi.

“Orang yang nyata-nyata memiliki senjata nuklir malah menuduh kami (memiliki senjata nuklir),” tulis Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di halaman Twitter-nya.

Baca: Israel Mulai Gelar Latihan dan Simulasi Perang dengan Hizbullah

Zarif menambahkan, “Dia dan Tim B semata-mata menghendaki perang, terlepas dari darah orang-orang yang tak berdosa dan 7 triliun Dolar lain.”

Sabtu lalu juru bicara Badan Tenaga Nuklir Iran Behruz Kamalvandi mengatakan negaranya mulai menerapkan tahap ketiga pengurangan komitmennya kepada perjanjian nuklir Teheran dengan sejumlah negara terkemuka dunia yang diteken pada tahun 2015.

Dia menyatatakan bahwa tindakan ini dilakukan sebagai reaksi atas pelanggaran AS terhadap perjanjian tersebut. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*