Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei memastikan negaranya tidak akan terlibat dalam negosiasi dengan Amerika Serikat  (AS) “di level apa pun”.

Dalam pidatonya di Teheran,Selasa (17/9/2019), dia menjelaskan bahwa  berunding dengan AS pada situasi sekarang tak ubahnya dengan menyerah kepada “tekanan maksimum” Washington terhadap Teheran.

“Bernegosiasi akan berarti Washington memaksakan tuntutannya terhadap Teheran. Ini juga akan menjadi manifestasi dari kemenangan kampanye tekanan maksimum Amerika,” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa semua pejabat Iran, “termasuk presiden”, sepakat menolak pembicaraan dengan AS, baik dalam bentuk bilateral maupun multilateral.

Baca: Menlu Iran Sebut AS Pungkiri Realitas, Para Petinggi Militer AS Bungkam

Ayatullah Khamenei menegaskan bahwa dialog Iran-AS hanya akan mungkin dilakukan jika AS kembali ke kesepakatan nuklir 2015 yang ditinggalkannya sejak tahun lalu.

Baca: AS Mengaku Akan Buktikan Keterlibatan Iran Dalam Serangan ke Kilang Minyak Saudi

“Jika AS menarik kembali kata-katanya, bertobat dan kembali ke perjanjian nuklir yang telah dilanggar, maka ia dapat mengambil bagian dalam sesi penandatangan lain untuk kesepakatan, dan mengadakan pembicaraan dengan Iran … Jika tidak, maka tidak ada pembicaraan di tingkat mana pun yang akan diadakan antara otoritas Iran dan Amerika, baik di New York maupun di tempat lain,” terangnya. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*