Ankara, LiputanIslam.com –   Kantor berita Turki, Anadolu, mengungkap faktor hasrat Uni Emirat Arab (UEA) mengubah kebijakannya dan memperbaiki hubungan dengan Iran.

Anadolu mengutip pernyataan sumber-sumber UEA bahwa “para emir UEA telah mengadakan pertemuan rahasia menyusul penembak jatuhan drone AS oleh Iran pada Juni lalu”, dan mengkonfirmasi bahwa Perdana Menteri UEA Mohammed bin Rashid Al-Maktoum telah menyerukan “peninjauan ulang secara menyeluruh atas kebijakan luar negeri” UEA.

Al-Maktoum juga menyerukan pencegahan terhadap pembelanjaan dana besar untuk kawasan yang tidak mendatangkan kemaslahatan bagi UEA seperti Libya dan Sudan, serta “penghentian segera kebijakan campur tangan dalam urusan negara-negara lain, yang berbiaya tinggi tanpa balasan.”

Baca: Al-Mayadeen: Kunjungan Delegasi UEA ke Iran adalah Alasan untuk Keluar dari Koalisi Saudi

Menurut Anadolu, Al-Maktoum dalam pertemuan itu telah mengungkapkan harapannya agar AS melancarkan serangan militer ke Iran dan kekecewaannya terhadap seruan Presiden AS Donald Trump untuk dialog AS dengan Iran, serta menekankan bahwa Iran “akan membalas serangan AS dengan membidik UEA atau Saudi secara langsung maupun melalui orang-orang Yaman”.

Al-Maktoum memberitahu para peserta pertemuan itu bahwa “UEA akan ditinggalkan oleh para investor asing jika negara ini sampai kejatuhan barang satu rudal Iran”, sementara Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed Al-Nahyan “mendalami kritikan Al-Maktoum dan memerintahkan penerapan sejumlah perubahan dalam kebijakan luar negeri UEA.”

Baca: Delegasi Militer UEA ke Iran, Netizen Saudi Tebar Kecaman

Seperti pernah diberitakan, delegasi militer UEA Selasa lalu berkunjung ke Iran dan mengadakan pembicaraan dengan militer Iran mengenai keamanan regional.

Pihak Iran menyatakan bahwa keduanya telah meneken nota kesepahaman bilateral untuk meningkatkan kerjasama keamanan perbatasan, sedangkan pihak UEA mengaku gembira atas kesefahaman ini. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*