Teheran, LiputanIslam.com –   Panglima Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) mengingatkan negara-negara musuhnya mengenai kemungkinan pergantian strategi militer Iran dari defensif ke ofensif.

“Sejauh menyangkut strategi, kami bertindak membela diri, yang berarti bahwa kami tidak akan menjadi pihak yang memulai atau menginisiasi perang apa pun,” kata Mayjen Hossein Salami pada inspeksi tingkat kesiapan pasukan pertahanan Iran di kawasan Nazeat dekat Selat Hormuz, Teluk Persia, Kamis (18/7/2019).

Baca: Trump: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Drone Iran di Selat  Hormuz

Nazeat yang terdiri atas empat pulau di Teluk Persia adalah kawasan yang diandalkan Iran untuk menjaga keamanan jalur perairan strategis.

Dia melanjutkan, “Namun, situasinya benar-benar berlawanan ketika menyangkut sikap taktis negara ini, dan jika musuh melakukan kesalahan perhitungan, strategi pertahanan kita akan berubah menjadi serangan ofensif.”

Jenderal Salami menyebutkan bahwa transisi ofensif akan mengerahkan seluruh kapasitas pertahanan Iran, dan menekankan pentingnya kawasan itu bagi Iran dan pekonomian global.

Dia lantas mengecam kebercokolan pasukan asing di  kawasan Teluk Persia yang, menurutnya, justru memperkeruh keadaan.

“Menggunakan dalih sensitivitas kawasan untuk memungkinkan kehadiran militer ekstra-regional di sini hanya akan memicu ketidak amanan dan kompromi pengaturan keamanan yang berlaku di kawasan itu,” kecamnya.

Baca: IRGC Tahan Sebuah Kapal Tanker di Teluk Persia

Salami menegaskan bahwa negaranya memiliki kewenangan sepenuhnya atas perairan yang terletak di bagian utara Teluk Persia dan Laut Oman, dan menjaganya sebagai sarana pertahanan integritas teritorial, superioritas angkatan laut, dan keamanan udara.

“Atas nama negara Iran, kami terlibat dalam pembangunan pertahanan di semua bidang,” sumbarnya.

Di tempat lain dalam sambutannya, Salami memperingatkan lembaga think tank pihak musuh Iran agar tidak mencoba untuk bertualang atau melakukan kejahatan apa pun terhadap bangsa Iran. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*