Iran, negara yang bebas pangkalan militer AS

Teheran, LiputanIslam.com –   Ketua parlemen Iran Majelis Syura Islam, Ali Larijani, melontarkan ancaman bahwa negaranya akan menggempur pangkalan-pangkalan militer AS di kawasan Timteng dan sekitar jika AS berani menyerang Iran.

“Kita harus membuat analisa mengenai tindakan yang mungkin akan dilakukan AS, yang bisa jadi terbatas pada pemboman, dan ada pula tindakan yang mungkin juga diketahui oleh Rezim Zionis dalam masalah ini,” ujarnya pada sebuah acara penghargaan kepada insan media Iran, Selasa (6/8/2019).

Dia mengingatkan, “Reaksi Iran terhadap pihak-pihak yang melakukan upaya di balik serangan militer terhadapnya akan menjangkau sejumlah pangkalan militer yang ditempati pasukan AS di kawasan dan yang mungkin tertimpa bahaya serius, mengingat bahwa mereka memiliki sedikit akal yang dapat mencegah mereka dari keterlibatan dalam petualangan demikian.”

Baca: Iran Pamerkan Tiga Jenis Bom Pintar dan Canggih Baru Buatannya

Larijani menilai bahwa bisa AS dan negara-negara musuh Iran lainnya memiliki agenda pengacauan keamanan di berbagai kawasan Iran, “namun sudah pasti bahwa tindakan mereka terhadap Teheran tidak akan masuk dalam kategori perang.”

Menurutnya, musuh-musuh Iran berusaha menghalangi pertumbuhan ekonomi Iran demi menghalangi kemajuan Iran yang notabene kekuatan besar di kawasan.

Baca: Rouhani: Perang Terhadap Iran Adalah Induk Segala Perang

Larijani menjelaskan bahwa AS antara lain berupaya menekan ekspor minyak Iran hingga ke titik nol, menimbulkan ketakutan terhadap berbagai negara agar mereka tidak melakukan transaksi ekonomi dengan Iran, membangkitkan kecemasan di bidang keamanan dan politik antarnegara regional, dan melakukan berbagai tipudaya lain. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*