Ankara, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengkonfirmasi laporan mengenai tertangkapnya janda pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (IS/ISIS) Abu Bakar Al-Baghdadi oleh tentara Turki.

Dalam sebuah pidatonya di sebuah universitas di Ankara, ibu kota Turki, Rabu (6/11/2019), Erdogan mengatakan, “Al-Baghdadi sendiri telah bunuh diri di dalam sebuah terowongan, AS lantas membuat kehebohan (tentang ini). Untuk pertama kalinya saya menjelaskan bahwa istri al-Baghdadi telah kami tangkap, namun kami tidak lantas menghebohkannya.”

Dia menambahkan bahwa janda al-Baghdadi tertangkap seminggu setelah Al-Baghdadi bunuh diri ketika pasukan khusus AS melancarkan operasi serangan terhadapnya.

Erdogan kemudian menyebutkan bahwa tentara Turki juga telah menangkap seorang wanita yang merupakan kakak al-Baghdadi dan suaminya di Suriah.

Pada awal pekan ini seorang petinggi Turki mengatakan bahwa negara ini telah menangkap saudari al-Baghdadi bersama suami dan seorang anak perempuannya.

Baca: Turki Klaim Tangkap Saudari Al-Baghdadi

Pada pekan lalu AS menyatakan bahwa al-Baghdadi dan beberapa orang yang menyertainya tewas dalam operasi militer pasukan khusus AS di provinsi Idlib, Suriah.

Baca: ISIS Umumkan Abu Ibrahim al-Hashemi al-Qurashi Sebagai Pemimpin Barunya

Pihak ISIS beberapa hari kemudian membenarkan laporan mengenai tewasnya al-Baghdadi, dan mengumumkan seorang penggantinya yang bernama Abu Ibrahim al-Hashemi al-Qurashi. (mm/fars/ raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*