Ankara,LiputanIslam.com-Seorang pejabat tinggi Turki mengumumkan, pasukan negaranya pada hari Senin (4/11) telah menangkap Rasmiya Awad, kakak perempuan Abu Bakar al-Baghdadi.

Menurut pejabat yang enggan identitasnya diungkapkan itu, Awad (65 tahun) ditangkap saat penggerebekan di sekitar kota Azaz.

Penangkapan Awad disebut sebagai “tambang emas informasi.” Pejabat Turki itu mengatakan, apa yang diketahui Awad tentang ISIS bisa membantu negaranya menangkap anggota ISIS lebih banyak lagi.

Baca: Hamas Ancam Israel dan Sebutkan Jumlah Militan Bersenjata Palestina di Gaza

Azaz, yang merupakan kota perbatasan yang terletak di barat laut Suriah, saat ini di bawah kendali pasukan Turki.

Awad ditangkap bersama lima anak. Konon istri dan menantu al-Baghdadi juga turut ditangkap. Interogasi atas mereka kini telah dimulai.

Seorang pejabat senior Turki mengatakan kepada Reuters, interogasi atas mereka bisa memberikan info lebih rinci terkait aktivitas dan pengorganisasian ISIS kepada aparat keamanan.

Reporter Reuters mengaku, info tentang Awad sangat minim sekali. Sebab itu, dirinya tidak bisa segera memverifikasi identitas kakak perempuan al-Baghdadi itu.

Pemimpin ISIS diklaim tewas meledakkan diri dalam sebuah terowongan saat digerebek pasukan AS. ISIS telah mengkonfirmasi kematian al-Baghdadi melalui sebuah pesan suara. Kelompok itu juga menyatakan akan membalas dendam terhadap AS.

Fahrettin Altun (menteri komunikasi Turki) menyebut penangkapan Awad sebagai bukti “tekad Turki untuk memerangi ISIS.”

Melalui akun Twitter-nya, Altun menyebut “propaganda beracun” soal keseriusan Turki memerangi ISIS sebagai hal yang tak berdasar.

“Tidak ada keraguan tentang kerjasama erat unit antiteror Turki dengan para sekutunya,”cuit Altun. (af/alalam/isna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*