Teheran, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan bahwa ketegangan di kawasan Teluk Persia dan sekitarnya, terutama Yaman, sudah sangat mendesak untuk segera diredakan, dan karena itu Iran menyokong semua inisiatif dan upaya dalam rangka ini.

“Republik Islam Iran menyambut baik dan menyokong semua inisiatif dan langkah yang memancar dari niat yang baik dan bertujuan meredakan ketegangan regional,” ujar Zarif saat ditemui sejawatnya dari Oman, Yusuf bin Alawi, yang berkunjung ke Teheran, Senin (2/12/2019).

Zarif menegaskan negaranya sangat menghendaki dialog dengan semua negara regional, dan “inisiatif Perdamaian Hormuzgan adalah dalam rangka ini”.

Di pihak lain, Menteri Luar Negeri Oman menyatakan bahwa ketegangan situasi sekarang menuntut optimalisasi diskusi dan kesefahaman, dan oleh sebab itu Oman juga menegaskan bahwa penyelenggaraan sebuah konferensi yang melibatkan semua negara terkait akan sangat bermanfaat dalam masalah ini.

Baca: Analis Irak: UEA Anggarkan Dana untuk Perusakan Konsulat Iran

Dalam pertemuan keduanya telah dibahas berbagai isu bilateral dan regional, termasuk kerjasama di bidang politik, sains, dan teknologi.

Kunjungan Bin Alawi ke Teheran dilakukan ketika belakangan ini kawasan Teluk Persia dan sekitarnya mengalami eskalasi setelah Arab Saudi dan AS menuduh Iran menyerang kapal-kapal tanker minyak dan fasilitas minyak Saudi lalu AS mengirim pasukan ke Saudi.

Baca: Suku-suku Irak Turun ke Jalan Hadapi Perusuh

Iran membantah tuduhan itu sembari mengajukan inisiatif Perdamaian Hormuzgan untuk pemulihan keamanan regional dengan melibatkan semua negara regional tanpa intervensi asing. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*