Sanaa, LiputanIslam.com –   Kelompok pejuang  Ansarullah (Houthi) di Yaman menyatakan pihaknya telah menggempur bandara Jizan dan Abha di bagian barat daya Arab Saudi, Kamis (4/7/2019).

Juru bicara militer Yaman yang bersekutu dengan Ansarullah, Brigjen Yahya Sarie, menyatakan, “Pesawat-pesawat nirawak Qasef K-2 telah menggempur posisi-posisi militer penting di bandara regional Jizan. Serangan ini menimpa sasaran dengan sangat tepat dan menyebabkan terhentinya aktivitas navigasi udara di bandara itu.”

Dia menambahkan bahwa sejumlah pesawat nirawak Yaman juga menggempur bandara internasional Abha.

Baca: WSJ: Takut Balasan Iran-AS, UEA Tarik Pasukannya dari Yaman

“Gempuran ini tepat mengena sasaran dan menyebabkan terhentinya navigasi udara di bandara itu,” lanjutnya.

Dia menegaskan bahwa operasi serangan dari Yaman akan terus dilakukan ke bandara-bandara Saudi yang digunakan untuk misi militer pasukan koalisi yang menginvasi Yaman.

Ansarullah belakangan ini meningkatkan serangan nirawak dan rudalnya ke berbagai sasaran Saudi, terutama bandara-bandara terdekat dengan Yaman.

Baca: Serangan Pasukan Yaman Tewaskan Sejumlah Komandan Pasukan Koalisi Arab

Ansarullah menguasai Sanaa, ibu kota Yaman, pada September 2014 dan kemudian mengembangkan kekuasaannya hingga ke beberapa provinsi.

Pada Maret 2015 pasukan koalisi Arab yang dipimpin Saudi melancarkan invasi militer ke Yaman untuk memerangi Ansarullah dan membela pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi. Invasi ini menyebabkan krisis kemanusiaan yang, menurut PBB, merupakan yang terburuk di dunia. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*