Sanaa, LiputanIslam.com –   Kelompok pejuang Ansarullah (Houthi) di Yaman menyerang Bandara Abha dan Bandara Jizan, Arab Saudi, dengan pesawat nirawak, Ahad malam (23/6/2019).

Juru bicara militer Yaman Brigjen Yahya Sarie dalam sebuah keterangan persnya mengatakan, “Dua pesawat nirawak Qasif-2K telah melancarkan operasi luas dengan beberapa serangan yang menyasar bandara kubu agresor (Pasukan Koalisi Arab) di Abha dan Jizan.”

Dia menjelaskan bahwa operasi pertama mengarah ke Bandara Jizan dengan target lapangan udara, serta sasaran-sasaran militer militer penting dan sensitif, sedangkan operasi kedua menargetkan posisi-posisi militer di Bandara Internasional Abha.

Menurutnya, serangan ini “menyebabkan terhentinya navigasi udara di bandara-bandara itu.”

Baca:  Demi Meraup Uang Saudi, Trump Tetap Bela Bin Salman Soal Pembunuhan Khashoggi

Dia menekankan bahwa serangan ini merupakan balasan atas “kejahatan agresi”, blokade dan serangan terus-menerus terhadap rakyat Yaman, “termasuk 30 serangan terbaru dalam 48 jam terakhir, yang menjatuhkan sejumlah syuhada dan korba luka.”

Yahya Sarie juga memastikan bahwa operasi serangan dari pasukan Yaman “akan berlanjut dan lebih menyakitkan dalam beberapa hari mendatang jika mereka (Pasukan Koalisi Arab) terus melakukan eskalasi, menyerang, dan memblokir”.

Baca: PBB: Ada Bukti Bin Salman Terkait Dengan Pembunuhan Pembunuhan Khashoggi

Di pihak lain, koalisi Arab dalam sebuah statemennya mengumumkan bahwa Bandara Abha mendapat serangan “teror” dari Ansarallah hingga menewaskan satu orang dan melukai tujuh lainnya.

Uni Emirat Arab dan Bahrain turut mengutuk serangan Ansarullah itu sembari menyebutnya “melanggar seluruh undang-undang dan konvensi internasional.”

Belakangan ini Ansarullah meningkatkan serangan udaranya ke berbagai fasilitas Saudi. Pada 12 Juni lalu koalisi Arab menyatakan bahwa Bandara Abha mendapat serangan “teror” dari Ansarullah, dan Ansarullah sendiri juga mengaku telah melancarkan serangan itu dengan menggunakan rudal cruise. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*