Tareq Khouri

Amman, LiputanIslam.com –   Seorang anggota parlemen Yordania dari kalangan Kristen, Tareq Khouri, menyerukan peledakan pipa gas Israel yang melintas di wilayah Yordania.

Seruan itu dia sampaikan dalam interupsinya pada sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh faksi parlemen reformis Islam untuk membahas perjanjian Yordania dengan Israel di bidang gas, Rabu (3/7/2019).

Baca: PLO: Israel Berkelit dari Solusi “Dua Negara” agar Bisa Tetap Menjajah

Dia menyerukan kepada masyarakat Yordania agar menandatangani “Ikrar Kehormatan” (Mitsaq Sharaf) untuk melawan keberadaan pipa gas Israel di negara mereka.

Tareq Khouri mengusulkan penandataganan Ikrar Kehormatanyang menyatakan bahwa setiap orang di Yordania “berhak mengorban jiwanya maupun jiwa anak-anaknya untuk meledakkan pipa gas Israel yang melintas di wilayah Yordania.”

Baca: Abbas: Palestina Tolak Mediasi AS

Dia menegaskan, “Kita sah menjadi martir dan mari kita meneken Ikrar Kehormatan yang menegaskan bahwa kita tidak akan membiarkan pipa gas ini barang 1 centimeter melintas di wilayah Yordania.”

Pada September 2016 Israel dan Yordania menandatangani perjanjian senilai US$ 10 miliar untuk ekspor gas dari ladang gas Leviathan milik Israel di Laut Tengah untuk jangka waktu 15 tahun sejak 2020. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*