Herat,LiputanIslam.com-Pasukan keamanan di provinsi Herat, Afghanistan, pada Jumat malam (4/10) berhasil membebaskan 8 desa di provinsi tersebut setelah diduduki Taliban selama 10 tahun.

Menurut para pejabat keamanan Herat, sebagian provinsi ini masih berada dalam cengkeraman Taliban, namun operasi pembebasan masih terus berlanjut.

Zomari Faezi (komandan pasukan 207 Zafar) mengatakan,”Dalam dua hari terakhir, kami sukses menimpakan kerugian besar kepada musuh melalui sejumlah operasi. Kami juga telah menemukan dan menjinakkan ranjau-ranjau yang ditanam di jalur pasukan kami.”

“Dalam operasi yang dilancarkan pasukan keamanan, sejumlah dokumen dan fasilitas Taliban jatuh ke tangan kami. Dalam dokumen-dokumen itu terlihat kartu tanda pengenal Pakistan,”ungkap Abdol Ghayyoum Rahimi, gubernur Herat.

Para warga desa yang telah dibebaskan dari Taliban mengatakan, kelompok teroris itu mengangkat diri mereka sebagai penguasa dan melarang anak-anak pergi ke sekolah.

Provinsi Herat adalah salah satu provinsi di Afghanistan yang kebanyakan lahannya ditanami ganja. Taliban berusaha keras mengendalikan produksi ganja di Herat demi memenuhi kebutuhan ekonomi dan pertahanan mereka. (af/alalam/irna)

Baca Juga:

Iran Minta Warganya Tunda Kepergian ke Irak Sampai Situasi Reda

Janjikan Perubahan, PM Irak Siap Dialog Dengan Pengunjuk Rasa

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*