Washington,LiputanIslam.com-Seorang senator AS melontarkan ancaman kepada negara-negara Eropa, Senin (15/7). Lindsey Graham menyatakan, jika Eropa melanjutkan hubungan dagang dengan Iran, AS akan menggilas mereka dengan sanksi-sanksi.

Dilansir oleh Washington Examiner, Graham mengatakan bahwa “kesepakatan yang lebih baik” dengan Iran akan mencegah segala bentuk pengayaan uranium oleh Negeri Mullah tersebut.

Baca: Pejabat AS Dorong Sanksi atas Cina karena Impor Minyak Iran

Dia menegaskan, pihaknya siap melakukan segala cara untuk memaksa Eropa memilih antara Iran atau AS, sampai mereka sepaham dengan strategi pemerintahan Donald Trump terkait isu Iran.

“Saya akan katakan kepada orang-orang Eropa, silakan saja bila kalian ingin memihak Iran. Namun kalian tak punya hak untuk menggunakan bank AS atau menjalin hubungan ekonomi dengan AS. Kalian harus memilih antara Iran atau AS,”ujar Graham.

Saat ditanya apakah dia siap menjatuhkan sanksi atas korporasi-korporasi Eropa yang berbisnis dengan Iran, Graham menjawab,”Kita jatuhi mereka sanksi sampai remuk.”

Pemerintahan Trump pada tahun lalu secara sepihak menyatakan keluar dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA).

Sesuai JCPOA, AS berjanji tak akan memberlakukan sanksi-sanksi baru atas Iran dengan dalih program nuklir yang dijalankan Teheran.

Dalam pasal 26 JCPOA disebutkan:”Iran menyatakan bahwa pemberlakuan sanksi-sanksi nuklir baru akan dianggap sebagai dasar untuk menghentikan keseluruhan atau sebagian komitmennya dalam kesepakatan ini.”

Atas dasar ini, setahun usai keluarnya Washington dari JCPOA, Teheran mengumumkan akan mengurangi komitmennya terhadap kesepakatan nuklir ini. (af/fars)

Baca Juga:

Jenderal AS Berkomentar Soal Kemungkinan Perang terhadap Iran

Nasrallah: Saya Akan Shalat di Masjid Al-Aqsa

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*