NewDelhi,LiputanIslam.com-Putri Syekh Ibrahim Zakzaky (pemimpin Gerakan Islam Nigeria) menyatakan, ayahnya menghadapi banyak masalah kesehatan,termasuk tekanan darah tinggi.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Press TV, Selasa (13/8), Suhaila Zakzaky mengatakan, kendati ayahnya diperkenankan pergi ke India, namun dia tidak bebas sepenuhnya dan hanya diizinkan berada di rumah sakit saja.

Baca: Syeikh Zakzaky Berlepas ke India untuk Berobat

Menurut kedubes Nigeria di India, Syekh Zakzaky berada di bawah pengawasan kedubes. Dubes Nigeria bertanggung jawab untuk mengontrol kondisi pemimpin kelompok Syiah di negara Afrika tersebut.

Syekh Zakzaky bersama istrinya meninggalkan Nigeria pada Senin malam (12/8) untuk menuju ke India.

Meski pengadilan Nigeria meminta agar Syekh Zakzaky dibebaskan, namun dia tetap berada dalam tahanan aparat keamanan negara tersebut selama 2 tahun terakhir. Kondisi fisiknya juga dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Salah satu mata Syekh Zakzaky dikabarkan telah kehilangan daya penglihatannya. Matanya cedera akibat serangan brutal tentara Nigeria ke rumahnya beberapa tahun lalu.

Tiga hari lalu, 187 dokter dari Iran dan negara lain memperingatkan kemungkinan adanya racun tembaga dalam darah dan sel-sel tubuh Syekh Zakzaky. Mereka menegaskan, dia harus segera diobati di sebuah rumah sakit spesialis. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

AS Tuding Iran Kacaukan Jaringan Pelayaran

Rouhani: Perang Terhadap Iran Adalah Induk Segala Perang

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*