Washington,LiputanIslam.com-Kemenhan AS (Pentagon) pada Kamis malam (24/10) memgumumkan, pihaknya akan mengirim perangkat militer lebih banyak ke Suriah. Pentagon mengklaim, tujuan pengiriman ini adalah “melindungi minyak Suriah.”

Seorang pejabat Pentagon mengatakan kepada Reuters, AS berkomitmen untuk memperkuat basis militernya di Suriah. Pengiriman perangkat militer, katanya, bertujuan untuk mencegah jatuhnya ladang-ladang minyak Suriah ke tangan ISIS.

Pejabat ini tidak menjelaskan lebih jauh perangkat apa saja yang akan dikirim ke Suriah. Namun pernyataannya adalah tanda paling jelas bahwa Washington belum menuntaskan semua programnya untuk keluar dari Suriah.

Baca: Senator AS: Kita Biayai Proyek Militer AS dengan Minyak Suriah

Beberapa jam sebelumnya, seorang senator Republik juga mengabarkan rencana Pentagon tersebut.

“Staf gabungan militer sedang menggodok sebuah rencana, yang saya pikir akan efektif. Rencana ini membuat kita bisa mencegah kembalinya ISIS dan dikuasainya minyak Suriah oleh Iran,”ujar Lindsey Graham.

Harian AS, The Daily Beast, juga mengungkap rencana pemerintah Trump ini dan mengkritiknya. Menurut The Daily Beast, rencana ini adalah “perampokan minyak.” (af/fars)

Baca Juga:

Erdogan Tuding AS Tidak Laksanakan Komitmennya di Kesepakatan Gencatan Senjata

Amerika Akan Siagakan Pasukannya Dekat Ladang Minyak di Suriah

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*