Riyadh,LiputanIslam.com-Situs Middle East Eye (MEE) melaporkan, menantu Donald Trump menyarankan kepada putra mahkota Saudi agar sementara ini berhenti menjatuhkan hukuman mati di Saudi.

Dikutip dari sumber-sumber MEE, Senin (17/6), Jared Kushner terlibat langsung untuk menghentikan eksekusi-eksekusi di Saudi, dengan cara meminta Muhammad bin Salman agar tidak menjatuhkan hukuman mati.

Dalam kontak teleponnya dengan Bin Salman, Kushner mengatakan bahwa eksekusi-eksekusi baru di Saudi akan menodai citra Riyadh di mata Kongres AS.

Menurut laporan MEE, Kushner menghubungi putra mahkota Saudi usai CNN memublikasikan foto-foto Murtaja Qureiris, remaja Saudi yang tengah menanti hukuman mati dari rezim penguasa.

Kepada Bin Salman, Kushner menyebut bahwa skandal pembunuhan atas Jamal Khashoggi di AS sudah memudar. Untuk saat ini, menjatuhkan hukuman mati baru “tidak relevan,” karena ada kemungkinan akan kembali menodai citra Saudi.

Menantu Trump itu juga menyinggung soal penahanan para aktivis wanita Saudi di penjara. MEE berpendapat, percakapan Kushner dan Bin Salman menunjukkan, alih-alih berupaya untuk menyelidiki kasus pembunuhan Khashoggi, Washington lebih memilih untuk “menguburnya dalam-dalam.”

Sumber MEE menyatakan, Bin Salman bersedia mematuhi saran Kushner. Dia mengatakan tak akan mendebat Kushner, tapi tidak menjanjikan apa pun kepadanya.

Seiring terbetiknya kabar ini, Reuters mengutip dari sumber anonim Saudi bahwa pengadilan negara itu membatalkan hukuman mati atas Qureiris. Kepada Reuters, sumber itu mengatakan bahwa remaja 18 tahun itu tak akan dieksekusi. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Bin Salman Sampaikan Pesan Trump kepada Iran untuk Redakan Ketegangan

Saudari Bin Salman Diadili di Prancis

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*