Teheran, LiputanIslam.com –   Penasehat khusus ketua parlemen Iran Hossein Amir Abdollahian menyatakan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman sedang berperan sebagai penyampai pesan Amerika Serikat (AS) kepada Iran untuk meredakan ketegangan di kawasan Teluk Persia.

Abdollahian menyebutkan bahwa negara-negara Barat melalui para diplomat mereka selain menekankan komitmen mereka dalam menjalin hubungan dengan Iran, juga  juga membawa pesan dari Presiden AS Donald Trump.

Baca: Putra Mahkota Saudi Tuduh Iran Pelaku Serangan di Teluk Oman

Dia kemudian menyatakan bahwa Bin Salmanpun juga membawa pesan dari Trump.

“Bahkan sosok seperti Bin Salmanpun juga memainkan peranan itu dalam beberapa hari ini melalui kanal-kanal terkait,” ujarnya.

Abdollahian menjelaskan, “Sebagian dari aktivitas ini dilakukan oleh Saudi dan Uni Emirat Arab. Mohammed bin Salman, di puncak permusuhan dan perilakunya yang tak wajar (terhadap Iran) pun, juga menjalankan peran menyampaikan pesan-pesan itu melalui negara-negara regional, mengingat bahwa Bin Salman menganggap AS serius dan menilai Iran sebaiknya berunding dengan AS.”

Baca: Iran Sebut AS Berada di Balik Serangan ke Kapal Tanker di Teluk Oman

Abdollahian menyebutkan bahwa juga telah menyampaikan pesannya itu dalam Konferensi Tingkat Tinggi Dewan Kerjasama Teluk (GCC) dan Organsisasi Kerjasama Islam (OKI) pada 30-31 Mei lalu. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*