Glenn Beck

Ankara, LiputanIslam.comBerdasarkan Pasal Kelima Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) negara-negara anggota berhak melakukan aksi bela diri bersama dalam menghadapi ancaman keamanan. Sebab, ancaman terhadap salah satu negara anggota NATO merupakan ancaman terhadap seluruh negara anggota aliansi keamanan tersebut.

Hal ini ditegaskan oleh Glenn Beck, seorang pengamat Amerika Serikat. Sehingga menurutnya, pasal ini bisa memicu terjadinya Perang Dunia III.

Beck menyebut jatuhnya jet tempur Rusia karena ditembak Turki, dan terorisme yang terjadi di Perancis akan berbuntut panjang.

“Jika ada pihak yang menyebut-nyebut tentang Pasal Kelima, maka pasal itulah yang kan membawa negara-negara anggota NATO berperang,” jelasnya, seperti dilansir Presstv, (25/22/2015).

Seperti diketahui, Turki yang merupakan anggota NATO telah menembak jatuh pesawat Su-24 Rusia yang tengah terbang 6.000 meter. Turki menuduh bahwa pesawat Su-24 telah melanggar batas wilayah udara, namun hal itu dibantah keras oleh pihak Rusia. (Baca: Tegang, Jet Tempur Sukhoi-24 Buatan Rusia Rontok Ditembak Turki)

Atas serangan ini, Presiden Rusia Vladimir Putin bereaksi keras. Ia menyebut bahwa pihaknya tengah ditikam dari belakang. Apalagi, saat ini Rusia tengah melancarkan serangan masif kepada ISIS. Mengapa Turki malah menembak jatuh pesawat Rusia, dan bukan memerangi ISIS? (Baca: Erdogan Sebutkan NATO, Bagaimana Ketegasan Reaksi Putin?)

Turki selama ini merupakan negara yang diuntungkan dengan adanya ISIS. ISIS menjarah minyak Suriah, lantas menjualnya dengan harga murah kepada Turki. Berulang kali pesawat tempur Rusia menargetkan tangki-tangki minyak curian ISIS. (Baca: [Video] Dahsyat, Jet Tempur Rusia Hancurkan 1.000 Tanki Minyak Curian ISIS)

Pasal Keempat NATO menyerukan konsultasi militer jika ada anggota NATO yang integritas teritorial, kemerdekaan politik, atau keamanannya sedang terancam. Berdasarkan pasal tersebut (dan atas permintaan Turki), negara-negara anggota NATO pun menggelar pertemuan terkait jatuhnya pesawat Su-24 tersebut. Namun disebutkan bahwa Pasal Kelima belum dibawa-bawa dalam pembahasan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL