Sumber: tribunnews.com

Jakarta, Liputanislam.com– Dua organisasi keagamaan terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) telah memberikan instruksi tanggap reaksi cepat kepada jajaran dan badan otonomnya (Banom) untuk segera membantu masyarakat yang terkena bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng).

Gempabumi tektonik telah terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dengan Magnitudo 7,7 pada Jumat (28/9). Lokasi gempa berjarak 26 km dari Utara Donggala Sulawesi Tengah, dengan kedalaman 10 km. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi tsunami dan melansir telah terjadi 76 gempabumi susulan.

Koordinator Tanggap Darurat MDMC PP Muhammadiyah, Indrayanto mengatakan bahwa pihaknya memberangkatkan tim relawan yakni MDMC Toli-Toli, MDMC Sulawesi Tengah, MDMC Gorontalo, RS Muhammadiyah Lamongan, RS Muhammadiyah Siti Khadijah Makassar, serta tim asistensi MDMC PP Muhammadiyah.

“Untuk saat ini barang-barang yang dibutuhkan oleh korban gempa antara lain, makanan, air bersih, fasilitas kesehatan, hunian sementara, selimut, serta makanan bayi dan anak,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj telah menginstruksikan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) serta Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) untuk segera menyalurkan bantuan dan memberikan pertolongan kepada warga Donggala dan Palu yang terkena bencana alam.

Kiai Said juga menyerukan semua pihak untuk bahu membahu membantu warga terdampak bencana . “Mari bergandengan tangan untuk membantu korban bencana di Donggala. Satukan langkah dan ulurkan tangan kita bagi saudara kita di sana,” ungkapnya.

Menanggapi instruksi tersebut, Ketua NU Care-LAZISNU Ahmad Sudrajat mengatakan bahwa pihaknya segera melakukan penggalangan dana bantuan untuk bencana Donggala dan Palu. Masyarakat yang ingin membantu bisa melalui rekening BCA atas nama Yay.LAZISNU di nomor rekening 0681.1926.88; dan Mandiri 123.000.483.89.77. Konfirmasi donasi melalui nomor 081398009800.

“Doa dan dukungan masyarakat akan sangat bermanfaat untuk warga di Sulawesi Tengah,” kata Sudrajat pada Jumat (28/9) malam. (ar/NU Online/suaramuhammadiyah).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*