Washington, LiputanIslam.com–Sejumlah tokoh politik Amerika menyatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah dalang di balik ketegangan yang terjadi antara AS dan Iran.

Pernyataan ini salah satunya disampaikan oleh Ben Rhodes, mantan penasehat Barack Obama. Dalam sebuah laporan di The Jerusalem Post, ia mengatakan bahwa Netanyahu adalah salah satu yang “mendorong konfrontasi dengan Iran.”

Pada minggu lalu, politisi dari partai Demokrat, Tulsi Gabbard, juga mengemukakan bahwa “Arab Saudi, Netanyahu, [dan] al-Qaeda” mempromosikan perang dengan Republik Islam.

Selain itu, partai-partai sayap kanan dan sayap kiri memandang Israel sebagai dalang mencurigakan di balik kebijakan Washington terhadap Teheran.

Baca: ‘AS Upayakan Perubahan Rezim di Iran Selama 40 Tahun’

Pada hari Jumat lalu, pangamat politik Amerika, Patrick Buchanan, ditanya di website resminya tentang “siapa yang ingin peperangan ini dengan Iran?” Jawabannya adalah: “[Menlu AS] Pompeo, [Penasihat Keamanan Nasional John] Bolton, Bibi Netanyahu, Putra Mahkota [Saudi] Mohammed bin Salman.” (ra/presstv)

Baca: Kredibilitas Kebijakan Luar Negeri Trump Turun Gara-gara Isu Iran

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*