Serangan Udara di Yaman Tewaskan 20 Orang, Termasuk 7 Anak Kecil

0
329

Sanaa, LiputanIslam.com –   Peristiwa mengerikan kembali dipentaskan oleh Arab Saudi dan sekutunya dalam serangan udara mereka di Yaman. Kelompok Ansarullah (Houthi) maupun beberapa organisasi kemanusiaan, Jumat (7/8/2020), melaporkan sebanyak 20 orang terbunuh, termasuk sedikitnya 7 anak kecil, akibat serangan udara Saudi dan sekutunya di Yaman utara.

Pejabat Kementerian Kesehatan Ansarullah mengatakan bahwa serangan itu terjadi pada Kamis lalu di provinsi Jawf di timur laut Sana’a, ibu kota Yaman, yang dikendalikan oleh Ansarullah.

Kantor Berita Yaman, Saba, mengutip keterangan seorang pejabat lokal bahwa 20 orang, yang sebagian besar adalah wanita dan anak kecil tewas, dan tujuh lainnya menderita luka-luka.

Pejabat itu menjelaskan bahwa serangan itu menghantam konvoi empat mobil sipil di wilayah Jawf, sementara penduduk mengatakan kepada AFP bahwa warga sipil tak berdosa itu terbunuh dalam serangan udara yang menerjang beberapa rumah penduduk.

Organisasi kemanusiaan Save the Children mengkonfirmasi bahwa 20 orang tewas, termasuk tujuh anak, dan sejumlah orang lain yang sebagian besar perempuan dan anak kecil menderita luka parah.

“Dalam waktu kurang dari sebulan, setidaknya 17 anak tewas akibat serangan membabi buta di Yaman,” kata direktur Save the Children di Yaman, Javier Joubert.

“Kami mengutuk keras serangan itu dan meminta semua pihak yang bertikai untuk mematuhi hukum humaniter internasional,”lanjutnya.

Koordinator Kemanusiaan PBB, Lise Grande, mengatakan serangan itu terjadi “ketika para korban sedang bergerak di jalan.”

Dia juga menyebutkan angka 9 untuk jumlah korban anak kecil yang terbunuh.

“Meski jumlah korban tewas belum dikonfirmasi, lembaga mitra melaporkan bahwa sembilan anak tewas dan tujuh lainnya luka-luka,” imbuhnya.

Dia lantas memperingatkan, “Seperti semua tindakan kekerasan yang sia-sia terhadap warga sipil, masalah ini mengejutkan dan sama sekali tidak dapat diterima.” (mm/raialyoum/ap)

Baca juga:

[Video]: Pasukan Yaman Tembak Jatuh Drone Buatan AS di Dekat Perbatasan Saudi

Pasukan Hadi Bertempur Sengit dengan STC di Yaman

DISKUSI: