Demi Atasi Krisis Iklim, Denmark Luncurkan Penggalangan Dana Pertama di Dunia untuk Bangun Hutan

0
214

LiputanIslam.com–Acara penggalangan dana tersebut bernama Denmark Plants Trees yang ditayangkan melalui stasiun televisi nasional. Melalui dana tersebut, warga Denmark dapat menanam pohon meskipun hanya dengan duduk manis di sofa mereka.

Pada hari Sabtu besok, siaran TV nasional akan menayangkan Denmark Plants Trees, acara tersebut berlangsung selama dua setengah jam yang akan meminta pemirsa untuk menyumbangkan dana untuk menanam 1 juta pohon di seluruh negeri tersebut. Menanam pohon membantu mengurangi kadar CO 2 dan dipandang sebagai bagian sentral dari solusi krisis iklim.

Martin Sundstrøm, seorang produser untuk acara tersebut, mengatakan bahwa para pemirsa akan didorong untuk menyumbangkan dana total 20 juta kroner (£ 2,4 juta) untuk membantu masyarakat Denmark melakukan konservasi alam dengan menanam pohon 1 juta, sementara 10% dari uang yang terkumpul akan digunakan untuk WWF guna membantu menyelamatkan hutan tropis.

Nicolai Hansson, editor dari TV nasional tersebut, mengatakan: “Kami tahu kami tidak akan bisa menyelesaikan krisis iklim hanya dengan menanam pohon saja, tetapi mudah-mudahan orang akan merasa bahwa itu adalah sesuatu yang penting. Mereka dapat menjadi bagian aktif dan menikmati hasil pohon mereka ketika mereka mengunjungi hutan baru dan menyaksikan pohon mereka telah tumbuh dan berkembang.”

Mereka yang menyumbang untuk tujuan ini akan menjadi anggota inisiatif “hutan rakyat” baru, yang akan dibuat dekat dengan kota-kota Denmark. Proyek ini memiliki 600 hektar (1482 hektar) lahan siap pakai, dan akan ditambah lagi di masa depan.

“Semua area potensial tersebut telah dievaluasi dan diprioritaskan berdasarkan penilaian dari para ahli hutan di Denmark,” kata Sundstrøm.

“Setelah Sabtu besok, akan ada sejumlah acara penanaman pohon di seluruh Denmark. Acara pertama akan dilaksanakan pada musim gugur ini dan kemudian pada musim semi 2020, sejumlah besar acara tersebut akan dilaksanakan tergantung pada seberapa banyak pemirsa yang berminat. Jika kami mengumpulkan dana untuk menanam satu juta pohon, kami mengharapkan ada sekitar 30 acara penanaman pohon.”

Baca juga: Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia, Daur Ulang Sampah Plastik Indonesia Masih Rendah

Sundstrøm berharap acara tersebut dapat ditiru di negara lain. “Saya harap acara seperti ini dapat menyebar ke negara lain untuk melibatkan publik, seperti yang dilakukan Live Aid pada tahun 1985.”

Mungkin acara tersebut dapat diterapkan di Indonesia, mengingat kebakaran hutan di wilayah-wilayah Indonesia kian marak sehingga fungsi hutan menurun secara drastis. Penanaman kembali pohon di lahan bekas kebakaran akan mengembalikan fungsi hutan yang dapat berkontribusi pada krisis iklim. (Ay/Guardian)

DISKUSI: