Worldometers: Indonesia Tempati Urutan Pertama Penambahan Kasus Covid-19

0
258

Sumber: CNN Indonesia

LiputanIslam.com — Berdasarkan data dari Worldometers.info pada Jumat, 16 Juli 2021 pukul 08.30 WIB, Indonesia menempati urutan pertama dalam penambahan kasus harian Covid-19. Bahkan kemarin hari Kamis (15/7), terdapat penambahan sebanyak 56.757 kasus dalam sehari.

Dan menurut data Worldometers.info, Indonesia juga menempati posisi kedua penambahan kasus kematian harian. Bahkan kemarin hari Kamis (15/7), terdapat penambahan 928 kematian. Posisi pertama diduduki negara Brazil dengan penambahan kasus kematian sebanyak 1.552 kasus.

Menanggapi data tersebut, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ledakan kasus Covid beberapa hari terakhir akibat varian delta. “Saya mohon supaya kita paham varian delta ini varian yang tidak bisa dikendalikan,” kata Luhut dalam konferensi pers, Kamis, 15 Juli 2021.

Baca juga: Edhi Prabowo Divonis 5 Tahun Penjara, Hak Politik Dicabut

WHO pun menyebut bahwa hingga saat ini varian Delta Covid-19 telah diidentifikasi di 111 negara, wilayah, atau area. Varian ini berpotensi menjadi galur Covid-19 yang dominan di seluruh dunia, menyebabkan peningkatan kasus dan kematian baru.

WHO memperingatkan galur Delta kemungkinan akan menyebar ke lebih banyak negara dan akan menjadi bentuk Covid-19 yang dominan dalam beberapa bulan mendatang. (Ay/Tempo)

DISKUSI: