Wapres: Paham Radikal dan Islamophobia Dapat Picu Konflik

0
82

Sumber: elshinta.com

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa paham radikal dan islamophobia dapat memicu terjadinya konflik antar umat beragama. Karena itu, pemerintah suatu negara punya tugas dalam menjaga kerukunan dan meningkatkan saling menghormati antar masyarakatnya.

“Jadi, kelompok dari Islam kita ingin jangan ada lagi radikalisme di kalangan Islam, tapi juga jangan ada lagi Islamophobia seperti yang berkembang di Barat. Ini potensi-potensi konflik,” ucapnya usai menghadiri The 3rd International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) 2020 di JCC Senayan Jakarta, pada Sabtu (29/2).

Menurut Wapres, sebagai upaya menghindari terjadinya konflik antarumat beragama, maka penyebarluasan narasi-narasi kerukunan dari berbagai tokoh lintas agama perlu ditingkatkan lagi. Dialog dan pertemuan antar umat beragama perlu dibangun agar tidak terjadi konflik, seperti yang terjadi di India sekarang ini.

“Kira prihatin masih ada hal seperti itu. Apa yang terjadi di India itu sangat memprihatinkan kita semua,” ungkapnya.

Baca: India Rusuh, PBNU: Kekerasan Bentuk Apapun Tidak Dibenarkan

Menanggapi situasi di India hari ini, Wapres mengaku bahwa Indonesia akan menggagas pertemuan tokoh lintas agama internasional. Hal ini penting untuk menciptakan kerukunan antarumat beragama, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. (aw/republika/detik).

DISKUSI: