Wapres: Indonesia Prakarsai Pertemuan Tokoh Agama Dunia

0
94

Sumber: republika.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Indonesia akan memprakarsai pertemuan para tokoh agama dunia terkait berbagai konflik sekarang ini. Menurutnya, diharapkan nantinya para tokoh agama bisa menyerukan perdamaian dan membangun kerukunan sehingga meredam konflik yang terjadi.

Demikian hal itu disampaikan Wapres Kiai Ma’ruf usai usai menerima laporan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Wapres Jakarta, pada Kamis (13/2).

“Saya bertemu Menlu, yang kami perbincangkan antara lain untuk melakukan pertemuan tokoh-tokoh agama dunia. Diharapkan Indonesia bisa menjadi tuan rumah. Targetnya bagaimana tokoh-tokoh agama ini rukun di dunia, sehingga tidak terjadi konflik-konflik agama,” ucapnya.

Rencananya pertemuan tersebut akan mengambil momentum kedatangan pemimpin Gereja Katolik tertinggi Paus Fransiskus ke Indonesia. “Kita menginginkan agar tidak hanya bisa rukun, tetapi juga bisa merukunkan konflik yang berkembang sekarang di dunia dengan tokoh-tokoh agama terkemuka seperti dari Islam, dari Paus, kemudian tokoh agama Kristen, Hindu dan Buddha secara bersama-sama bagaimana membangun dunia baru yang lebih damai, lebih rukun,” katanya.

Baca: PBNU Terus Berupaya Kumpulkan Karya Ulama Nusantara

Sebelumnya, hal yang sama pernah juga disampaikan Wapres Kiai Ma’ruf saat bertemu Presiden Singapura Halimah Yacob beberapa waktu lalu. “Kita ingin mengadakan dialog antarpemuka agama di dunia ini, untuk membangun kerukunan antaragama, supaya agama tidak menjadi sumber konflik,” ungkapnya. (aw/kompas/republika).

DISKUSI: