Wapres Imbau Khatib Jumat Sebar Semangat Toleransi

0
41

Sumber: senayanpost.com

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres), KH Ma’ruf Amin mengimbau semua khatib yang ada di Indonesia agar menyampaikan semangat dan pesan-pesan toleransi dalam khutbahnya. Sebab, khutbah yang berisi konten kerukunan dan persaudaraan sangat penting disampaikan sebagai upaya menangkal paham radikal dan terorisme.

“Radikalisme itu melahirkan sikap terorisme, yang dimulai dari sikap intoleran atau ananiyah. Jangan sampai khatib mengobarkan sikap-sikap seperti itu, itu gaduh nanti umat. Itu komitmen yang harus dimiliki khatib-khatib,” ucapnya saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II dan Halaqah Khatib Indonesia di Istana Wapres pada Jumat (14/2).

Menurutnya, khatib merupakan salah satu yang berperan besar dalam menyebarkan paham dan ajaran Islam yang ramah dan penuh kasih sayang. Karena itu, setiap khatib harus memiliki komitmen dalam yang kuat dalam berdakwah sesuai dengan ajaran Islam dan juga harus turut serta menjaga persatuan anak bangsa.

“Perbedaan agama juga kita harus bertoleransi. Kita diajarkan lakum diinukum wa liya diin, jadi ya kita masing-masing saja. Di dalam persaudaraan Islam tidak boleh ada sikap ananiyah; jangankan kepada non-Muslim, kepada sesama Muslim saja sudah meng-kafir-kan. Nah, itu namanya sikap ananiyah,” terangnya.

Baca: Dirjen Kemenag: Perkuliahan UIII Dimulai September 2020

“Kita harus menjaga toleransi kerukunan, dan kita harus membangun narasi-narasi kerukunan. Di dalam khotbah itu jangan membangun narasi konflik dan narasi permusuhan,” tandas Wapres Kiai Ma’ruf. (aw/kompas/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS: